DETAIL KOLEKSI

Pengaruh musik klasik terhadap konsentrasi belajar mahasiswa

1.6


Oleh : Cokorda Putra Wira Jaya

Info Katalog

Nomor Panggil : 616.858 89 Jay p

Penerbit : FK - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2014

Pembimbing 1 : Karliana Kartasa

Subyek : Attention;Consentration (kw);Attention Deficit and Disruptive Behavior Disorders

Kata Kunci : classical music, learning concentration, students

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2014_TA_KD_03010068_Halaman-Judul.pdf
2. 2014_TA_KD_03010068_Bab-1-Pendahuluan.pdf 5
3. 2014_TA_KD_03010068_Bab-2-Tinjauan-Literatur.pdf
4. 2014_TA_KD_03010068_Bab-3-Kerangka-Konsep.pdf 1
5. 2014_TA_KD_03010068_Bab-4-Metode.pdf 8
6. 2014_TA_KD_03010068_Bab-5-Hasil.pdf 5
7. 2014_TA_KD_03010068_Bab-6-Pembahasan.pdf 3
8. 2014_TA_KD_03010068_Bab-7-Kesimpulan.pdf 1
9. 2014_TA_KD_03010068_Daftar-Pustaka.pdf 2
10. 2014_TA_KD_03010068_Lampiran.pdf 8

M Musik pada dasarnya mempunyai pengaruh yang besar dalam kehidupan manusia. Musik terbukti dapat mengaktifkan gelombang–gelombang otak terutama gelombang alpha untuk kegiatan berpikir, meningkatkan kemampuan membaca, daya ingat, konsentrasi, santai, dan kreativitas yang merupakan hal – hal ideal untuk belajar. Dalam memulai suatu kegiatan pembelajaran dibutuhkan konsentrasi. Peneliti melihat konsentrasi belajar mahasiswa FK Trisakti masih tergolong lemah, oleh karena itu diperlukan suatu upaya untuk meningkatkan konsentrasi belajar salah satunya dengan mendengarkan musik klasik. Metode yang digunakan adalah penelitian analitik eksperimental murni dengan desain randomized pre test and post test control group dengan sampel mahasiswa FK Trisakti angkatan 2013 sebanyak 62 orang dimana dibagi menjadi dua kelompok yaitu 31 orang kelompok eksperimen, dan 31 orang kelompok kontrol. Data dikumpulkan dengan menggunakan army alpha test dan kuesioner konsentrasi belajar. Teknik pengolahan data dengan t-test yang dianalisis dengan menggunakan program Statistical Packages for Social Science (SPSS) versi 21.0 for windows. Analisis Independent samples T-Test menunjukkan perbedaan yang signifikan antara kelompok kontrol dan eksperimen (post test 1(p=0,000), 2(p=0,000), dan 3(p=0,000)). Terdapat peningkatan mean antara post test 1(mean : 18,93) 2(mean : 19,41), dan 3 (mean : 20,38) yang berarti lamanya pemberian musik klasik berpengaruh terhadap konsentrasi belajar mahasiswa. Selain itu dilakukan juga paired samples T-test yang menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara pre test dan post test 1(p=0,000), post test 2(p=0,000) post test 3(p=0,000) pada kelompok eksperimen. Sedangkan pada kelompok kontrol tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan antara pre test dan post test 1(p=0,556), post test 2(p=0,198) post test 3(p=0,355) Penelitian ini menunjukkan bahwa musik klasik berpengaruh terhadap konsentrasi belajar mahasiswa

M Music basically has a big influence on human life. Music is proven to be able to activate brain waves, especially alpha waves for thinking activities, improve reading skills, memory, concentration, relaxation, and creativity which are ideal things to learn. In starting a learning activity concentration is needed. Researchers see the concentration of student learning at Trisakti FK is still relatively weak, therefore an effort is needed to increase the concentration of learning, one of them is by listening to classical music. The method used is experimental analytical research purely with randomized pre-test and post-test control group design with a sample of 2013 Trisakti FK students as many as 62 people which were divided into two groups, 31 experimental groups and 31 control groups. Data were collected using army alpha test and study concentration questionnaire. Data processing techniques with t-tests were analyzed using the Statistical Packages for Social Science (SPSS) program version 21.0 for Windows. Analysis of Independent samples T-Test showed a significant difference between the control and experimental groups (post test 1 (p = 0,000), 2 (p = 0,000), and 3 (p = 0,000)). There is a mean increase between post test 1 (mean: 18.93) 2 (mean: 19.41), and 3 (mean: 20.38) which means the length of classical music giving influences the concentration of student learning. In addition, paired samples T-tests were also conducted which showed that there were significant differences between pre test and post test 1 (p = 0,000), post test 2 (p = 0,000) post test 3 (p = 0,000) in the experimental group. Whereas in the control group did not show a significant difference between pre test and post test 1 (p = 0.556), post test 2 (p = 0.198) post test 3 (p = 0.355) This study showed that classical music had an effect on student learning concentration

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?