DETAIL KOLEKSI

Analisis struktur, perilaku dan kinerja industri minimum di Indonesia periode 2006 - 2009


Oleh : Biondi Mahesa

Info Katalog

Penerbit : FEB - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2011

Pembimbing 1 : Eleonora Sofilda

Subyek : Beverage industry and trade - indonesia;beverage produce - marketing

Kata Kunci : PDB, CRn, IHH, market structure oligopoly

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2012_TA_AK_021070016_1.pdf
2. 2012_TA_AK_021070016_2.pdf
3. 2012_TA_AK_021070016_3.pdf
4. 2012_TA_AK_021070016_4.pdf
5. 2012_TA_AK_021070016_5.pdf
6. 2012_TA_AK_021070016_6.pdf
7. 2012_TA_AK_021070016_7.pdf

A Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuui bagaimana struktur, perilaku dan kinerja pada industri minuman di Indonesia. Apakah terdapat praktek monopoli yang tergolong pada persaingan tidak sehat atau tidak, mengingat satu dari seluruh produsen minuman di Indonesia yakni PT Aqua Golden Misissipi Tbk termasuk adalah merek AMDK(Air minum dalam kemasan) dengan penjualan terbesar di Indonesia baik dalam AMDK dan keseluruhan penjualan minuman di Indonesia. juga perlu dianalisis bagaimana perilaku perusahaan pada pasar industri minuman di indonesia. Metode yang digunakan adalah CRn dan IHH untuk melihat struktur pasar dan konsentrasi industri minuman dalam menjalankan kegiatan ekonominya dan analisis deskriptif untuk menganalisa perilaku perusahaan pada pasar industri minuman. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder, dan tahun penelitian diambil dari tahun 2006 sampai tahun 2009 Hasil penelitian ini menunjukan bahwa struktur pasar yang dimiliki oleh industri minuman ringan di Indonesia adalah struktur persaingan oligopoli ketat dengan nilai rata-rata konsentrasi empat perusahaan terbesar (CR ) adalah 97,83 persen dan perilaku perusahaan dalam menentukan harga dipengaruhi oleh penetapan harga sainganya. Maka pasar industri minuman di Indonesia cenderung semakin tidak kompetitif atau terkonsentrasi, sehingga diperrlukan pengawasan oleh pemerintah untuk mengawasi kegiatan usaha yang terindikasi memiliki posisi terlalu dominan dan menyulitkan pendatang baru pada industri minuman di Indonesia.

T This study aims to mengetahuui how the structure, behavior and performance in the beverage industry in Indonesia. Is there a monopoly belonging to the unfair competition or not, remember one of the manufacturers of beverages in Indonesia, PT Aqua Golden Misissipi Tbk included is a brand of bottled drinking water (bottled water) with the biggest sales in Indonesia both in overall sales of bottled drinking water and beverages in Indonesia. also need to be analyzed how the behavior of firms in the market beverage industry in Indonesia. The method used is the CRN and the IHH to see market structure and concentration of the beverage industry conduct their economic activities and descriptive analysis to analyze the market behavior of firms in the beverage industry. The data used in this research is secondary data, and years of research taken from 2006 until 2009. Results of these studies show that market structure that is owned by the soft drink industry in Indonesia is a tight oligopoly structure of the competition with an average concentration of the four largest firms (CR4) is 97.83 percent and the behavior of firms in determining prices is influenced by the rival pricing. Then the market beverage industry in Indonesia tends to become less competitive or concentrated, so diperrlukan oversight by the government to supervise the business activities which indicated a dominant position is too difficult for new entrants and the beverage industry in Indonesia.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?