Pengaruh kecerdasan emosional dan perilaku belajar terhadap tingkat pemahaman akuntansi
P Penelitian ini diharapkan mampu menunjukkan pengaruh kecerdasan emosional dan perilaku belajar terhadap tingkat pemahaman akuntansi dan diharapkan dapat memberikan umpan balik bagi perguruan tinggi untuk dapat menghasilkan para akuntan yang berkualitas. Kecerdasan emosional diukur dengan lima dimensi yaitu pengenalan diri, pengendalian diri, motivasi, empati dan keterampilan sosial. Perilaku belajar diukur dengan empat dimensi yaitu kebiasaan mengikuti pelajaran, kebiasaan membaca buku, kunjungan ke perpustakaan dan kebiasaan menghadapi ujian. Tingkat pemahaman akuntansi diukur dari rata-rata nilai mata kuliah yang bersangkutan yaitu PA 1, PA 2, AK 1, AK 2, AKL 1,AKL 2, audit 1, audit 2 dan TA. Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner dengan skala likert interval yang diadopsi dari Marita, Suryaningsum,dan Shaalih (2008). Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive convenience sampling. Alat analisis yang digunakan untuk pengujian hipotesa adalah regresi linier berganda. Dalam sampel ini terdapat kriteria yang digunakan dalam pengambilan sampel, yaitu mahasiswa jurusan akuntansi yang telah menempuh 120 sistem kredit semester. Peneliti menyebarkan 200 kuesioner kepada mahasiswa jurusan akuntansi di Universitas Trisakti dan Universitas Persada Indonesia Yayasan Administrasi Indonesia (UPI YAI) di Jakarta, dengan jumlah kuesioner kembali sebanyak 198 kuesioner dan 19 kuesioner gugur, sehingga kuesioner yang dapat diolah menjadi 179. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Kecerdasan Emosional dan Perilaku Belajar mahasiswa jurusan akuntansi memberikan pengaruh yang signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Secara parsial, kecerdasan emosional tidak berpengaruh terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Hal ini bisa saja terjadi karena dipengaruhi oleh banyak variabel kecerdasan emosionallainnya yang tidak teramati dalam penelitian ini seperti misalnya tekanan mental, pengaruh tingkat pergaulan, trauma kegagalan serta masalah pribadi. Pada variabel Perilaku Belajar, secara parsial dimensi kebiasaan menghadapi ujian berpengaruh secara signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi, sedangkan ketiga variable lainnya tidak berpengaruh. Bagi penelitian yang akan datang disarankan untuk melakukan penelitian dengan sampel yang lebih luas dan melakukan wawancara langsung dengan koresponden selain dengan kuesioner.
T This research is expected to show the influence of emotional intelligence and learning behavior on the level of understanding of accounting and is expected to provide feedback to universities to be able to produce qualified accountants. Emotional intelligence is measured by five dimensions of self-knowledge, self control, motivation, empathy and social skills. Learning behavior was measured with four dimensions yatiu habit to follow the lesson, the habit of reading books, visiting libraries and customs of the exam. The level of accounting understanding is measuredfrom the average value ofthe related subjects of PA 1, PA 2, AK 1, AK 2, AKL 1, AKL 2, audit 1, audit 2 and TA. The data obtained by distributinR a questionnaire with likert interval scale adopted from Marita, Suryaningsum, and Shaalih (2008). The sampling technique used was purposive convenience sampling. The analytical tool used for testing the hypothesis is multiple linear regression. In this sample there are criteria that are used in sampling, namely college students majoring in accounting who has taken 120 semester credit system. Researchers distribute 200 questionnaires to students majoring in accounting at the University of Trisakti and UPI YAI, Jakarta, with about 198 the number of questionnaires were return and 19 questionnaires failed to be processed, so the questionnaire which can be processed into 179 The results of this analysis indicate that Emotional Intelligence and Learning Behavior of accounting majors have a significant influence on the level of understanding of accounting. Partially, emotional intelligence has no effect on tingkst understanding of accounting. This can be happen because it is influenced by many variables other emotional intelligence that is not observed in thi s study such as mental stress, influences the level of association, the trauma of failure and personal problems. On the Learning Behavior variables, dimension exams habits significantly influence the level of accounting understanding, whereas the three other variables have no effect. For future studies are advised to conduct research with larger samples and conduct direct interviews with correspondents in addition to questionnaire.