DETAIL KOLEKSI

Analisis pengaruh efisiensi kerja terhadap produktivitas dan fuel ratio alat gali muat dan alat angkut pada barging limonit di pt roda jaya sakti


Oleh : Rivaldo Panggabean

Info Katalog

Penerbit : FTKE - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2023

Pembimbing 1 : Pantjanita Novi Hartami

Pembimbing 2 : Mixsindo Korra Herdyanti

Kata Kunci : Efisiensi kerja, produktivitas, fuel ratio

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2023_SK_STT_073001900049_Halaman-Judul.pdf
2. 2023_SK_STT_073001900049_Surat-Pernyataan-Revisi-Terakhir.pdf 1
3. 2023_SK_STT_073001900049_Surat-Hasil-Similaritas.pdf 1
4. 2023_SK_STT_073001900049_Halaman-Pernyataan-Persetujuan-Publikasi-Tugas-Akhir-untuk-Kepentingan-Akademis.pdf 1
5. 2023_SK_STT_073001900049_Lembar-Pengesahan.pdf 1
6. 2023_SK_STT_073001900049_Pernyataan-Orisinalitas.pdf 1
7. 2023_SK_STT_073001900049_Formulir-Persetujuan-Publikasi-Karya-Ilmiah.pdf 1
8. 2023_SK_STT_073001900049_Bab-1.pdf 4
9. 2023_SK_STT_073001900049_Bab-2.pdf 22
10. 2023_SK_STT_073001900049_Bab-3.pdf 10
11. 2023_SK_STT_073001900049_Bab-4.pdf 45
12. 2023_SK_STT_073001900049_Bab-5.pdf
13. 2023_SK_STT_073001900049_Daftar-Pustaka.pdf
14. 2023_SK_STT_073001900049_Lampiran.pdf 40

P PT. Roda Jaya Sakti (PT RAJA) merupakan salah satu perusahaan tambang nikel yang melakukan penambangan terhadap limonit dan saprolit yang berada di Morowali, Sulawesi Tengah. Pada penelitian ini diketahui bahwa kondisi loading point di ETO Central West kurang memadai, sehingga tingginya waktu hambatan pada alat gali muat dan alat angkut. Oleh karena itu, diperlukan perbaikan untuk mengatasi waktu hambatan pada alat gali muat dan alat angkut, dengan fokus pada perbaikan loading point di ETO Central West. Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan metode tindakan (action and research), dimana penelitian akan mengamati kejadian lapangan secara langsung dan memperbaiki atau mengembangkan kejadian di lapangan. Dimana efisiensi kerja alat gali muat setelah perbaikan pada fleet 01 meningkat dari 29,88% menjadi 43,43% dan pada fleet 02 dari 31,16% menjadi 44,86%. Efisiensi kerja alat angkut juga mengalami kenaikan kedua jenis alat angkut pada Hino dari 77,77% menjadi 86,69% dan pada Mercedes dari 77,06% menjadi 84,64%. Produktivitas alat muat setelah perbaikan pada fleet 1 meningkat dari 184,34 ton/jam menjadi 264,47 ton/jam, sedangkan pada fleet 2 dari 183,73 ton/jam menjadi 264,47 ton/jam. Produktivitas alat angkut pada fleet 01 meningkat dari 175,13 ton/jam menjadi 196,34 ton/jam dan pada fleet 02 dari 159,43 ton/jam menjadi 176,25 ton/jam. Fuel ratio kegiatan barging limonit setelah perbaikan pada fleet 01 menurun dari 0,76 liter/ton menjadi 0,68 liter/ton dan fleet 02 dari 0,79 liter/ton menjadi 0,72 liter/ton.

P PT Roda Jaya Sakti (PT RAJA) is one of the nickel mining companies that mines limonite and saprolite located in Morowali, Central Sulawesi. In this study, it is known that the loading point conditions at ETO Central West are inadequate, resulting in high drag times on the digging and hauling equipment. Therefore, improvements are needed to overcome the time constraints on the loading and hauling equipment, with a focus on improving the loading point at ETO Central West. The research method used is the action and research method, where the research will observe field events directly and improve or develop field events. Where the work efficiency of the digging and loading equipment after improvement in fleet 01 increased from 29.88% to 43.43% and in fleet 02 from 31.16% to 44.86%. The work efficiency of the conveyance also increased for both types of conveyance on Hino from 77.77% to 86.69% and on Mercedes from 77.06% to 84.64%. Loading equipment productivity after improvement in fleet 1 increased from 184.34 tons/hour to 264.47 tons/hour, while in fleet 2 from 183.73 tons/hour to 264.47 tons/hour. Conveyance productivity in fleet 01 increased from 175.13 tons/hour to 196.34 tons/hour and in fleet 02 from 159.43 tons/hour to 176.25 tons/hour. Fuel ratio of limonite barging activities after improvement in fleet 01 decreased from 0.76 liter/ton to 0.68 liter/ton and fleet 02 from 0.79 liter/ton to 0.72 liter/ton.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?