DETAIL KOLEKSI

Usulan perencanaan produksi dengan pendekatan linier goal programming dan pengendalian aktivitas produksi pada PT. Gunung Sagara Buana


Oleh : Genta Ginanjar

Info Katalog

Penerbit : FTI - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2005

Pembimbing 1 : Sumiharni Batubara

Subyek : Programming (computer);Industrial engineering

Kata Kunci : PT. Gunung Sagara Buana, production control, quality control, process control, material handling, m

Status Posting : Published

Status : Tidak Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2005_TA_TI_06301058_Halaman-Judul.pdf
2. 2005_TA_TI_06301058_Bab-1.pdf
3. 2005_TA_TI_06301058_Bab-2.pdf
4. 2005_TA_TI_06301058_Bab-3.pdf
5. 2005_TA_TI_06301058_Bab-4.pdf
6. 2005_TA_TI_06301058_Bab-5.pdf
7. 2005_TA_TI_06301058_Bab-6.pdf
8. 2005_TA_TI_06301058_Daftar-Pustaka.pdf
9. 2005_TA_TI_06301058_Lampiran.pdf

P PT. Gunung Sagara Buana atau lebih dikenal dengan Gusana adalah sebuah peru sahaan swasta nasional yang bergerak dibidang manufaktur dalam industri cat dan kimia . Perusahaan ini memproduksi berbagai jenis produk cat diantaranya cat Automotive, cat LPG, cat industri, cat kapal, cat decorative, cat konstruksi baja, cat pelapis bocor, cat underbody, cat alumuni um, dan bahan kimia seperti thinner, dan acrysol. Gusana dituntut untuk menghasilkan produk yang berkualitas agar dapat bersaing dengan perusahaan lain dalam usaha merebut pangsa pasar . Gusana perlu memperhatikan hal-hal yang berhubungan dengan pencapaian tujuan tersebut yaitu perencanaan produksi dan kebutuhan bahan balrn . Permasalahan yang sedang dihadapi oleh perusahaan saat ini adalah perusahaan belum dapat mengantisipasi besar kecilnya permintaan sehingga sering kali terjadi ketidakseimbangan produksi, dan juga terdapat permasalahan dalam pengadaan bahan baku yang akan digunakan tidak tersedia sehingga akan menghambatjalannya produksi .Dalam membuat perencaanaan dan pengendaliaan produksi langkah awal yangdilakukan adalah melakukan peramalan atas permintaan produk cat Automotive, LPG, Drum, Marine, dan Decorative dengan berdasarkan data permintaan bulan April 2003 sampai dengan Maret 2005 . Metode peramalan yang digunakan adalah SMA (Single Moving Average), SES (Single Exponential Smoothing), Regresi Linier, DMA (Double Moving Average), dan DES (Double Exponential Smoothing). Metode peramalan yang terpilih untuk produk cat Automotive adalah metode DMA 5x5, sementara untuk produk cat LPG, Drum, Marine, dan Decorative adalah metode Regresi Linier. Pemilihan ini berdasarkan nilai MSE terkecil dan kelayakan metode diuji dengan menggunakan Moving Range Chart (MRC).Langkah selanjutnya adalah membuat perencanaan produksi dengan jangka perencanaan selama empat bulan . Metode yang digunakan adalah metode Unier Goal Programming . Dal am membantu menyelesaikan perhitungan, digunakan software WinQsb. Hasil dari metode tersebut berupa besamya produk yang akan diproduksi (JIP), jumlah total produksi, dan jumlah total nilai penjualan selama jangka perencanaan tersebut. JIP yang telah dibuat kemudian diuji kelayakkannya dengan perencanaan kapasitas menggunakan metode Bill of Labor. Karena kapasitas yang tersedia memenuhi kapasitas produksi yang diperlukan maka JIP yang ada layak untuk digunakan .JIP yang telah layak untuk digunakan, menjadi input untuk menentukan ukuran pemesanan bahan baku untuk empat bulan mendatang dengan menggunakan metode Econorni c Order Quantity (EOQ). Metode ini memberikan jumlah persediaan bahan baku yang minimum pada akhir periode . Setelah mengetahui jumlah bahan baku yang sesuai untuk semua produk, maka akan dilakukan penyusunan Production Activity Control (PAC). Penyusunan ini berguna untuk menentukan waktu yang tepat dalam melakukaPurchase Order (PO) terhadap supplier sehingga mencegah terjadinya keterlambatan datangnya bahan baku .

P PT . Gunung Sagara Buana (GUSANA) is a private company in the painting and chemical manufacture . A company produces several painting products such as Automotive , LPG, Industry , Marine, Decorative, Steel Construction, Underbody , and Aluminum. Another a product that is produced by GUSANA is chemical material, like thinner and acrysol. Because of the strict competition in the free trade, a company has to produce good quality products in order to exist in the market. One effort that a company does to accomplish this goal is doing a planning not only in production but also in raw materials. In the competitive market, GUSANA deals with several problems, unbalanced production due to unpredictable market requirement; and unavailable raw materials for production.The first step to planning and controlling production is forecasting the painting products requirement for Automotive, LPG, Drum, Marine, and Decorative by usingrequirement data between April 2003 and March 2005. There are several methods for forecasting, such as SMA (Single Moving Average), SES (Single Exponential Smoothing), Regression Linear, DMA (Double Moving Average), and DES (Double Exponential Smoothing). In this case, a company can use DMA 5x5 for automotive paints; and Regression Linear for LPG, drum, marine, and decorative. The chosen methods are based on minimum value ofMSE and Moving Range Chart (MRC) for properness of method.The next step is making production planning during four months by using Linear Goal Programmin g method with WinQsb software . The results for these methods are the amount ofproduct s that will be produced (JIP), the total production, and the amount of product selling during those planning period. Further step is Bill of Labor application to know whether JIP is suitable or not by fulfill the needed production capacity.The next step is Economic Order Quantity (EOQ) method application. This method isused for determine amount of raw material ordering in upcoming four months by using JIP as an input. The result ofEOQ is the minimum amount ofraw material at the end of period. After that, a company can do Production Activity Control (PAC) in order to determine the right time for Purchase Order (PO) to supplier, so it can prevent the delay of raw material .

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?