DETAIL KOLEKSI

Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi manajemen laba (studi kasus pada perusahaansektor tambang yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2013-2015)

0.0


Oleh : Adinda Ratnasari Nandikasih Herrasmara

Info Katalog

Nomor Panggil : 023131026

Penerbit : FEB - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2017

Pembimbing 1 : H. Yuswar Zainul Basri

Subyek : Audit earning management;Factors affecting earnings management

Kata Kunci : audit opinion, audit quality, auditor independence, profit management, leverage, audit committee

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2017_TA_AK_023131026_Halaman-judul.pdf
2. 2017_TA_AK_023131026_Bab-1.pdf
3. 2017_TA_AK_023131026_Bab-2.pdf
4. 2017_TA_AK_023131026_Bab-3.pdf
5. 2017_TA_AK_023131026_Bab-4.pdf
6. 2017_TA_AK_023131026_Bab-5.pdf
7. 2017_TA_AK_023131026_Daftar-pustaka.pdf
8. 2017_TA_AK_023131026_Lampiran.pdf

M Manajemen laba merupakan upaya manajer untuk melakukan manipulasi atas laporan keuangan dengan menggunakan prinsip-prinsip yang berlaku didalam perusahaan. Auditor sebagai perantara antara perusahaan dengan manajer dalam tujuan meminimalisir praktik manajemen laba. Auditor dapat menentukan keberlanjutan masa depan perusahaan. Auditor harus independen dalam mengungkap praktik manajemen laba yang ada di perusahaan.Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris faktor-faktor yang mempengaruhi manajemen laba. Opini audit, Komite Audit, Komisaris Independen, Kualitas Audit, Kepemilikan Institusional, Kepemilikan Manajerial, Leverage, serta Profitabilitas, sebagai variable independen dalam perusahaan. Data yang digunakan dalam peenlitian merupakan data sekunder perusahaan sektor tambang yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2013-2015. Terdapat 41 perusahaan sektor tambang di BEI dengan mempertimbangkan kriteria penelitian sehingga dapat ditentukan penggunaan sampel yang ada di perusahaan sektor tambang sebesar 17 perusahaan dengan 51 sampel penelitian.Kesimpulan yang dapat diambil dari hasil penelitian adalah variable independensi, opini audit, kepemilikan institusional, komite audit, komisaris independen, Leverage, dan profitabiloitas berpengaruh signifikan positif terhadap manajemen laba. sementara, kualitas audit dan kepemilikan manajerial tidak berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba.Implikasi pada penelitian ini adalah untuk pihak manajerial dan teoritis. Untuk pihak manajerial adalah perusahaan diharapkan dapat mengetahui praktik manajemen laba dengan independen, dan transparansi dalam mengungkap laporan keuangan. Dan untuk teoritis adalah penelitian ini diharapkan dapat memberi pengetahuan mengenai faktor yang mempengaruhi manjemen laba sehingga bermanfaat bagi peneliti yang membutuhkan.

E Earnings management is the manager attempts to manipulate the financial statements using the principles that apply within the company. Auditor as an intermediary between companies and managers in the aim to minimize earnings management practices. Auditors determine the age of the company's future. Auditors must be independent in expressing earnings management practices in the company.This study aims to empirically examine the factors that influence earnings management. The audit opinion, the Audit Committee, Independent Commissioner, Audit Quality, Institutional Ownership, Managerial Ownership, Leverage, and profitability, as an independent variable in the company. Data used in the study is secondary data mining sector companies listed on the Indonesia Stock Exchange year period 2013-2015. There are 41 companies in the mining sector in BEI taking into account the criteria that can be determined using samples that exist in the mining sector companies amounted to 17 companies with 51 sample.The conclusion that can be drawn from the study are variable independence, audit opinion, institutional ownership, audit committee, independent commissioner, Leverage, and profitabiloitas positive significant effect on earnings management. while, quality audit and managerial ownerships no significant effect on earnings management.The implication of this research is to the managerial and theoretical. For the managerial are expected to know the company's earnings management practices by independent, and transparency in revealing financial statements. And for theoretical research is expected to provide knowledge about factors that affect profit management so it is useful for researchers who need

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?