Pengukuran Learning organization dan pengaruhnya terhadap performasi perusahaan pada PT.Formitra Multi Prakarsa
P PT. Formitra Multi Prakarsa merupakan perusahaan yang sedang berkembang. Bidang usaha yang dijalankan oleh perusahaan ini adalah memproduksi dan mendistribusikan pupuk NPK. Dalam menjalankan usahanya perlu adanya peningkatan performansi baik dari karyawan secara individu maupun dari organisasi itu sendiri. Peningkatan performansi ini tidak lepas dari pembelajaran yang dilakukan oleh organisasi itu sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat Learning Organization, Performansi perusahaan dan hubungan antara Learning Organization dan Performansi perusahaan. Penelitian dilakukan dengan mengukur kedua variabel tersebut dan hubunganya dengan menggunakan metode korelasi Pearson dan regresi Tinier berganda. Berdasarkan hasil pengolahan data didapatkan nilai Learning Organization pada nilai 2.69 yang masuk dalam skala sedang. Dan nilai Performansi perusahaan adalah 2.71 yang masuk dalam skala sedang. Pada perhitungan korelasi Pearson didapat hasil bahwa masing — masing variabel Learning Organization memiliki hubungan yang signifikan dan posistif terhadap performansi ienisahan. Nilai hubungan antara Learning Organization dan Performansi perusahaan a lab sig ifikan hal ini ditunjukan dengan nilai signifikansi yang dibawah 0,05. Nilai pearson co ri masing — masing variabel Learning Organization adalah Learning =0,531; Organic on ,692; People =0.582; Knowledge =0,469 dan Technology =0,633 Dan besarnya koefisiensi hub an antara Learning Organization dengan performansi ditunjukan dengan persaman P = 0A32+ 0,4141, 0,4870 + 0,634P + 0.564K + 0,658T. R2 = 0.740a, adjusted R2 = 0,548 ; F ratio = 27,473 sig 0:000'` ; coeff konstan = 0,432. Usulan yang diberikan adalah urutan prioritas perbaikan oleh perusahaan adalah berturut - turut pada Technology, People, Knowledge, Organization dan Learning. Mengaplikasi teknologi terbaik pada pengetahuan terbaik, memberdayakan karyawan, melakukan pembelajaran dan menyebarluaskan pengetahuan, mentransformasikan budaya organisasi kepada pembelajaran dan peningkatan secara terus menerus serta memperkenalkan berfikir secara sistematik.
P PT. Formitra Multi Prakarsa is a growing company. Fields of business carried on by this company is producing and distributing NPK fertilizers. In running his business there is a need for increased performance of both individual employees and the organization itself. Improved performance cannot be separated from the study conducted by the organization itself. The purposes of this study are to determine the levels of Organization Learning, Performance of the company. and the relationship between Learning Organization and Performance of the company. Research carried out by measuring both these variables and relation to the use of correlation methods Pearson and multiple linear regression. Based on the results of processing data, it obtained the value of the Learning Organization is 2.69 which clasified in the medium scale . Performance of the company value is 2.71 which is clasified in the medium scale. In the calculation ofearson correlation obtained the result that each i variable of Learning Organization has a signific nt and positive relationship to the company performance. Value of the relationship betw n Learning Organization and Performance of thecompany is significant it is indicated with of each Learning Organization variableaniicancc Learning = 0.531;below 0.05. Pearson correlation value ization = 0.692; People = 0582; oeffici f the relationship between the 0.432 + 0.414 + 0.487 L 0 + io = 27.473; sig: 0.000 a; coeffKnowledge = 0.469 and Technology 0.633 and Learning Organization to the performanckshown b 0.564K + 0.634 P + 0.658 T. R2 =`0.740a, adjusted -Aso-constant = 0.432. The proposal of this study is the order of priority given by the company are successive improvements - participate in the Technology, People, Knowledge. Organization and Learning. Apply the best technology on the best knowledge, empower employees, to learn and disseminate knowledge, to transform the organizational culture of learning and continuous improvement as well as introducing systematic thinking.