DETAIL KOLEKSI

Perancangan dan analisis sistem osilasi pada sasis kendaraan pengangkut tandan buah kelapa sawit


Oleh : Aditya Kristanto

Info Katalog

Penerbit : FTI - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2017

Pembimbing 1 : Tono Sukarnoto

Pembimbing 2 : Soeharsono

Subyek : Intrusion detection systems (Computer security)

Kata Kunci : chassis, oscillation, design and analysis, catia, v5r20

Status Posting : Published

Status : Tidak Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2017_TA_STM_061001300051_Halaman-Judul.pdf
2. 2017_TA_STM_061001300051_Lembar-Pengesahan.pdf
3. 2017_TA_STM_061001300051_Bab-1_Pendahuluan.pdf
4. 2017_TA_STM_061001300051_Bab-2_Tinjauan-Pustaka.pdf
5. 2017_TA_STM_061001300051_Bab-3_Metodologi-Penelitian.pdf
6. 2017_TA_STM_061001300051_Bab-4_Hasil-Pembahasan.pdf
7. 2017_TA_STM_061001300051_Bab-5_Kesimpulan-dan-Saran.pdf
8. 2017_TA_STM_061001300051_Daftar-Pustaka.pdf
9. 2017_TA_STM_061001300051_Lampiran.pdf

R Rangka atau sasis adalah bagian komponen terpenting dari semua kendaraan yang berfungsi sebagai penopang beban kendaraan, mesin serta beban muatan yang dibawa. Pada umumnya sasis digunakan pada kendaraan yang bermuatan banyak seperti truk pengangkut tandan sawit. Dalam perancangan ini bertujuan untuk menganalisis beban yang terjadi pada sistem osilasi sasis tersebut. Penelitian ini akan dilakukan dengan menggunakan software CATIA V5R20 yang digunakan untuk perancangan dengan spesifikasi ukuran yaitu panjang sasis 5112 mm dan lebar 1527 mm. Dan juga software yang berbasis metode elemen hingga yang digunakan sebagai software analisis dari sasis. Pada analisis yang menggunakan metode elemen hingga akan menampilkan tegangan —tegangan yang terjadi pada sasis. Tengangan tersebut akan memperlihatkan posisi atau bagian yang memiliki resiko kerusakan yang lebih tinggi. Apabila tegangan yang terjadi sangat besar maka dapat dilakukan pergantian bahan atau memodifikasi model dari rancangan sehingga basil rancangan akan lebih tahan lama dan aman untuk digunakan. Berdasarkan basil analisis yang dilakuka. pada sasis dengan pembebanan sebesar 20.000 N, 25.000 N, dan 35.000 N. Diperoleh tegangan von-mises maksimal sebesar 419,82 MPa. Sedangkan Ultimate Yield Strenght bahan UNP AISI 1055 yaitu 400-510 MPa. Menurut tegangan pada bahan masih memenuhi syarat dan rancangan aman untuk digunakan. Untuk nilai deformasi yang terjadi yaitu sebesar 5,95 mm kearah z atauppn disebut arah bawah paq model analisis perancangan dengan menggunakan metode elemen hingga. Pada sambungan juga sudah dilakukan perubahan desain dengan nor enjadikan sambungan osilasi yang menggunakan bearing sehinggapennasalaTian yang terjadi pada kendaraan kelapa sawit bisa terselesaikan

T The frame or chassis is the most important component of all vehicles that functions as a support for the vehicle load, the engine and the load carried. In general, the chassis is used in vehicles that are heavily loaded, such as trucks transporting palm oil bunches. In this design aims to analyze the load that occurs in the chassis oscillation system. This research will be carried out using CATIA V5R20 software which is used for design with size specifications, namely chassis length of 5112 mm and width of 1527 mm. And also software based on the finite element method which is used as analysis software for the chassis. In the analysis using the finite element method will display the stresses that occur in the chassis. The tension will show positions or parts that have a higher risk of damage. If the stress that occurs is very large, it can be changed materials or modify the model of the design so that the results of the design will be more durable and safe to use. Based on the results of the analysis carried out. on the chassis with loadings of 20,000 N, 25,000 N, and 35,000 N. The maximum von-mises stress is 419.82 MPa. Meanwhile, the Ultimate Yield Strength of UNP AISI 1055 material is 400-510 MPa. According to the stress on the material still meets the requirements and the design is safe to use. For the deformation value that occurs is 5.95 mm towards z or VAT is called the downward direction of the paq design analysis model using the finite element method. At the connection, a design change has also been made by using an oscillating connection that uses bearings so that problems that occur in oil palm vehicles can be resolved.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?