Analisis pengaruh beban berlebih muatan kendaraan di Jembatan Timbang Losarang terhadap penurunan umur rencana perkerasan jalan
D Di ruas Jalan Sewo – Lohbener banyak ditemukan kendaraan yang bermuatan lebih yang dapat menyebabkan kerusakan dini pada perkerasan jalan dan akan mengurangi umur rencana perkerasan jalan. Berdasarkan hal tersebut perlu dianalisis pengaruh muatan lebih terhadap umur rencana perkerasan jalan. Untuk mengetahui seberapa besar penurunan umur rencana dan sisa umur rencana jalan dilakukan perhitungan data jembatan timbang muatan sumbu terberat di lapangan, mengetahui sumbu dan distribusi beban kendaraan, lalu lintas harian rata – rata awal umur rencana, lalu lintas harian rata – rata akhir umur rencana, menganalisis perhitungan faktor kerusakan kendaraan, beban sumbu standar ekivalen rencana, beban sumbu standar ekivalen normal, beban sumbu standar ekivalen beban berlebih. Kemudian menganalisis perhitungan kumulatif beban sumbu standar ekivalen rencana, kumulatif beban sumbu standar ekivalen normal, kumulatif beban sumbu standar ekivalen beban berlebih akibat muatan lebih di lapangan. Dari hasil analisis dan perhitungan tersebut didapat pengurangan umur rencana jalan selama 1,814 tahun dari umur rencana 10 tahun, dengan demikian sisa umur rencana menjadi 8,186 tahun.
I In Sewo – Lohbener Road, there are many vehicles that can cause early damage to the road and will reduce the shelf life of the road. Based on this, it is necessary to analyze more payload impact on the road perlution plan. To find out how much the decline in age plan and the remainder of the road plan are conducted calculation of the toughest axis payload data on the field, knowing the axis and vehicle load distribution, the average daily traffic-the initial average Plan, average daily traffic – end of Life plan, analyzing vehicle damage factor calculation, standard axis load equivalent plan, normal standard axis load, equivalent standard axis load Overload. Then analyzing the cumulative calculation of the standard load axis equivalent plan, cumulative load axis standard equivalent normal, cumulative load axis standard equivalent overload due to more payload in the field. From the results of the analysis and the calculation gained the life of the road plan for 1.814 years from the age of the plan 10 years, thereby the remaining life of the plan to be 8.186 years.