Anteseden dan konsekuensi dari purchase intention pada makanan organik
M Masalah dari penelitian ini adalah meningkatnya kesadaran akan kesehatan dan masalah lingkungan disertai peningkatan daya beli telah menyebabkan pergeseran pola konsumsi masyarakat dari makanan non organik ke makanan organik. Namun, pada praktiknya belum sepenuhnya terdapat konsistensi antara niat beli dengan perilaku konsumsi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepedulian lingkungan, norma subjektif, pengetahuan akan makanan organik, dan kesediaan membayar lebih untuk makanan organik terhadap perilaku pembelian melalui sikap dan minat beli konsumen pada makanan organik di Restoran Club Sehat Jakarta. Metode penelitian ini dirancang dengan pengujian hipotesis. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan menggunakan instrumen kuesioner. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling pada pengujung Restoran Club Sehat sebanyak 142 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh kepedulian lingkungan terhadap sikap, terdapat pengaruh positif norma subjektif dan pengetahuan tentang makanan organik terhadap sikap, terdapat pengaruh positif kesediaan membayar lebih untuk harga makanan organik terhadap minat pembelian. Terdapat pengaruh positif sikap terhadap minat pembelian, terdapat pengaruh positif minat pembelian terhadap perilaku pembelian aktual. Implikasi penelitian ini diharapkan manajer restoran dapat membangun persepsi maupun opini positif konsumen pada kualitas makanan organik dengan cara cooking event dan meningkatkan promosi penjualan dengan menyediakan informasi produk di beberapa platform media sosial.
T The problem of this research was increasing awareness of health, environmental problems and purchasing power of consumer has caused public consumption change of food non organic to food organic. But, in practice has not been fully consistency of purchasing intention with the purchase behavioral. The objective of this research was to understand of effect environmental concern, subjective norm, organic food knowledge and willingness to pay toward purchase behavior through attitude and purchase intention organic food at Healthy Club Restourant Jakarta. The methodology of this research was designed with hypothesis test. Collection data methods used in this research is survey method distibution the instrument questionnaire. Technique selected sampel with purposive sampling with as many 142 respondent. The results of this research show that there is no influence positive environmental concern toward attitude, there have influence positive subjective norm and organic food knowledge toward attitude, there have influence positive willingness to pay toward purchase intention, there have influence positive attitude toward purchase intention, and then there have influence positive purchase intention toward purchase behavior. Implication of this research was expected restaurant manager can build consumer perception and positive opinion on the quality of organic food by way cooking event and increase sales promotions by providing information products at some social media platform.