DETAIL KOLEKSI

Analisis fraud diamond dalam mendeteksi kecurangan laporan keuangan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2014-2017


Oleh : Billy Graham

Info Katalog

Nomor Panggil : 2018_TA_AK_023131129

Penerbit : FEB - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2018

Pembimbing 1 : Triana Yuniati

Subyek : Auditing;Financial accounting

Kata Kunci : fraud, fraud diamond, financial statement fraud

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2018_TA_AK_023131129_Halaman-Judul.pdf
2. 2018_TA_AK_023131129_Bab-1.pdf
3. 2018_TA_AK_023131129_Bab-2.pdf
4. 2018_TA_AK_023131129_Bab-3.pdf
5. 2018_TA_AK_023131129_Bab-4.pdf
6. 2018_TA_AK_023131129_Bab-5.pdf
7. 2018_TA_AK_023131129_Daftar-Pustaka.pdf
8. 2018_TA_AK_023131129_Lampiran.pdf

L Laporan keuangan merupakan instrumen penting dalam operasional suatu perusahaan. Kondisi keuangan suatu perusahaan dapat tercermin dalam laporan keuangan perusahaan. Tetapi masih banyak celah yang dapat di temukan dalam laporan keuangan yang menjadi kesempatan bagi manajemen untuk melakukan manipulasi atau kecurangan (Fraud). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya financial statement fraud dengan analisis fraud diamond yang dikemukakan oleh Wolfe dan Hermanson (2009). Penelitian ini menganalisis pengaryg variabel pressure dengan proksi financial target, external pressure, financial stability, vatriabel opportunity dengan proksi nature of industry, variabel rationalization dengan proksi change in auditor, dan variabel capability dengan proksi perubahan direksi terhadap financial statement fraud.Penelitian ini menggunakan data sekunder yaitu laporan keuangan dan laporan tahunan. Sampel yang digunakan adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2014-2017. Total sampel yang terpilih sebanyak 120. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regresi berganda.Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa variabel financial target yang diukur dengan return on asset, financial stability yang diukur dengan rasio perubahan total asset, nature of industry yang diukur dengan rasio perubahan inventory (persediaan) terbukti tidak berpengaruh terhadap financial statement fraud. Penelitian ini membuktikan variabel external pressure yang diukur dengan rasio leverage, rationalization yang diukur dengan change in auditor dan capability yang diukur dengan change in auditor berpengaruh positif terhadap financial statement fraud.

F Financial statements are important instruments in the operation of a company. The financial condition of an enterprise can be reflected in the company’s financial statements. But there are still many loopholes that can be found in the financial statements that become an opportunity for management to manipulate or fraud. This study aims to analyze the factors that cause the occurrence of financial statement fraud with analysis of fraud diamond proposed by Wolfe and Hermanson (2009). This research analyzes the pressure variable variable with the proxy of financial targets, external pressure, financial stability, vatriable opportunity with proxy of nature of industry, rationalization variable with proxy of change in auditor, and variable capability with proxy of change of directors to financial statement fraud. This research uses secondary data that is financial report and annual report. The sample used is a manufacturing company listed on the Indonesia Stock Exchange in 2014-2017. The total sample selected is 120. Sampling technique used is purposive sampling. The method used in this research is multiple regression analysis. The results of this study indicate that the financial target variable measured by return on assets, financial stability as measured by the ratio of changes in total assets, the nature of industry as measured by the ratio of inventory changes proved to have no effect on Financial statement fraud. This study proves that external pressure variables as a measured by the ratio of leverage, rationalization as measured by change in auditor and capability as measured by the change of board of directors have positive effect on financial statement fraud.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?