Pengaruh rasio keuangan dan size terhadap pengungkapan corporate social responsibility pada perusahaan manufaktur dengan kepemilikan publik sebagai variabel moderasi
P Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Rasio Keuangan dan Size terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility dengan Kepemilikan Publik sebagai Variabel Moderasi. Jenis dari penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian dengan pengujian hipotesis (hypothesis testing) yang merupakan penelitian dalam menjelaskan fenomena hubungan antara variabel. Data yang digunakan dalam penelitian ini bersumber dari laporan keuangan tahunan perusahaan manufaktur sektor aneka industri yang terdaftar di BEI periode 2012 - 2016. Analisis hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan regresi linier dengan 2 model dan sebelum dilakukan uji hipotesis telah dilakukan uji normalitas data.Dari pengujian hipotesis diperoleh hasil bahwa Size dan Profitabilitas yang diproksikan dengan Return On Asset berpengaruh positif terhadap pengungkapan CSR, Likuiditas yang diproksikan dengan Current Ratio dan Solvabilitas yang diproksikan dengan Debt to Total Asset Ratio tidak berpengaruh terhadap pengungkapan CSR, Kepemilikan publik tidak memoderasi hubungan antara Profitabilitas, Likuiditas, Solvabilitas dan Size dengan pengungkapan CSR.Perusahaan seharusnya memandang bahwa pengungkapan Corporate Social Responsibility sebagai investasi bukan sebagai biaya demi kesejahteraan semua pihak, karena pelaksanaan pengungkapan Corporate Social Responsibility secara konsisten akan meningkatkan memberikan dampak positif yaitu menigkatkan reputasi dan brand image perusahaan sehingga loyalitas konsumen semakin tinggi dan akhirnya penjualan perusahaan akan meningkat.
T The objective of this study is to determine the influence of Financial Ratio and Size to Corporate Social Responsibility disclosure with Public Ownership as Moderating Variable. This type of research conducted is the type of research by testing the hypothesis (Hypothesis testing) which is a study in explaining the phenomenon of the relationship between variables. Data used in this study come from annual reports manufacturing companies in the industrial sector listed on the Indonesia Stock Exchange for the period 2012 - 2016. Analysis of the hypothesis used in this study using linear regression with 2 models and prior to hypothesis testing has been conducted test data normality.From the results obtained by testing the hypothesis that Size and Profitability proxied by Return On Assets had a positive effect on CSR disclosure, Liquidity proxied by Current Ratio and Solvability proxied by Debt to Total Asset Ratio had no effect on CSR disclosure. Public ownership did not moderate the relationship between Profitability , Liquidity, Solvability and Size with CSR disclosures.Companies should consider that Corporate Social Responsibility disclosure as an investment not as a cost for the benefit of all parties, because the implementation of Corporate Social Responsibility disclosures consistently, will increase the positive impacts that’s improving reputation and company brand image so that customer loyalty will be higher and ultimately the company's sales will increase.