Faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi mahasiswa akuntansi dalam pemilihan karirakuntan publik (studi empiris pada beberapa Universitas Di Wilayah Dki Jakarta)
P Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor- faktor yang mempengaruhipemilihan karir sebagai akuntan bagi mahasiswa akuntansi di beberapa universitaswilayah DKI Jakarta. Faktor- faktor yang mempengaruhi pemilihan karir sebagaiakuntan dalam penelitian ini adalah faktor gaji/penghargaan finansial, pelatihankerja, pengakuan profesional, nilai-nilai sosial, lingkungan kerja, pertimbangan pasarkerja, dan personalitas. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesionerkepada mahasiswa Akuntansi di beberapa Universitas wilayah DKI Jakarta. Sampelyang digunakan sebanyak 115 responden. Teknik analisis data pada penelitian inimenggunakan regresi linier berganda dengan bantuan SPSS. Hasil analisismenunjukkan bahwa secara simultan variabel faktor gaji/penghargaan finansial,pelatihan kerja, pengakuan profesional, nilai-nilai sosial, lingkungan kerja,pertimbangan pasar kerja, dan personalitas berpengaruh signifikan terhadappemilihan karir sebagai akuntan publik. Sedangkan secara parsial variabelpersonalitas tidak berpengaruh terhadap pemilihan karir sebagai akuntan publik.Sedangkan variabel yang berpengaruh terhadap pemilihan karir sebagai akuntanpublik adalah variabel gaji/penghargaan finansial, pelatihan kerja, pengakuanprofesional, nilai-nilai sosial, lingkungan kerja, dan pertimbangan pasar kerja.
T The purpose of this study is to know and analyze about what factors affect studentsin the selection of the profession as a public accountant. Factors affecting the students onthe selection of professional election as a public accountant are measured by the variablesof financial reward, professional training, work environment, social values, professionalaffirmation, job market considerations, and personalities. Primary data in this study wasobtained by conducting research on accounting students at universities in DKI Jakarta, withthe number of samples of 115 students. The data were tested by using validity test, reliabilitytest, multiple linear regression test, F test, and significant test (t). The results show thatfinancial reward, professional training, work environment, social values, professionalaffirmation, and job market considerations influence accounting students in professionalselection as public accountants.