Pengaruh profitabilitas, leverage, dan ukuran perusahaan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan (studi empiris pada perusahaan perbankan yang terdaftar di bursa efek indonesia periode 2013-2015)
P Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh profitabilitas, leverage, dan ukuran perusahaan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan. Terdapat 3 variabel bebas dan 1 variabel terikat yang digunakan dalam penelitian ini yaitu profitabilitas, leverage, ukuran perusahaan dan pengungkapan CSR.Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 31 perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2013-2015. Sampel penelitian dipilih dengan menggunakan metodepurposive sampling. Pengukuran pengungkapan CSR menggunakan indikator GRI G4. Pengujian dilakukan dengan menggunakan analisis regresi data panel.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan semua variabel bebas secara bersama-sama mempengaruhi variabel terikat. Pengujian secara parsial memperlihatkan hasil bahwa ukuran perusahaan berpengaruh signifikan positif terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan. Sedangkan profitabilitas dan leverage tidak mempengaruhi pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan.
T This research aims to examine and analyze the influence of financial performers towards corporate social responsibility disclosure. There occurs to be three (3) independent variables and one (1) dependent variable in this reasearch which is profitability, leverage, firm size and corporate social responsibility disclosure.The sample used in this study was 31 banking companies listed on the Indonesia Stock Exchange (IDX) for the period of 2013-2015. The research sample was selected using a purposive sampling method. The measurement for disclosure of CSR used GRI G4 indicators. Testing is done using panel regression analysis.The results of this research show that simultaneous significance tests concluded that all independent variables together influences the dependent variable. Parameter significance test results that firm size has a significant positive effect on corporate social responsibility disclosure. Profitability and leverage has no effect on corporate social responsibility disclosure.