Faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi minat mahasiswa akuntansi dalam mengikuti sertifikasi profesional akuntansi
T Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa akuntansi dalam mengikuti sertifikasi profesional akuntansi. Variabel Independen dalam penelitian ini adalah persepsi mahasiswa, penerimaan finansial/gaji, peluang untuk promosi, status sosial, serta jaminan pekerjaan dan stabilitas. Variabel Dependen yang digunakan adalah persepsi minat mahasiswa akuntansi. Data diperoleh dengan metode non-probability sampling dan menggunakan survei kuesioner yang dijawab oleh mahasiswa akuntansi tingkat akhir pada empat universitas swasta di Jakarta Barat. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 200 responden. Penelitian ini menggunakan metode analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa, penerimaan finansial/gaji, jaminan pekerjaan dan stabilitas berpengaruh positif terhadap persepsi minat mahasiswa akuntansi dalam mengikuti sertifikasi profesional akuntansi. Peluang untuk promosi dan status sosial tidak berpengaruh terhadap persepsi minat mahasiswa dalam mengikuti sertifikasi profesional akuntansi. Namun demikian, pengujian secara serentak menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa, penerimaan finansial/gaji, peluang untuk promosi, status sosial, dan jaminan pekerjaan dan stabilitas memiliki pengaruh signifikan terhadap persepsi minat mahasiswa akuntansi dalam mengikuti sertifikasi profesional akuntansi.
T The purpose of this research is to determine the factors that affect the accounting student interest perception in accounting professional certification. Independent variables in this study are student perceptions, financial receipts/salary, opportunities for promotion, social status, and job security and stability. Dependent variable used is the accounting student interest perception. Data obtained by using non-probability sampling method and using a questionnaire survey answered by the final year accounting students on four private universities in West Jakarta. The number of samples in this study were 200 respondents. This study uses multiple regression analysis. The result of this study showed that student perceptions, financial receipts/salary, job security and stability have a positive effect on the accounting student interest perception in following accounting professional certification. Opportunities for promotion and social status did not affect the accounting student interest perception in following accounting professional certification. However, simultaneously testing shows that the student perceptions, financial receipts/salary, opportunities for promotion, social status, and job security and stability have significant influence on the accounting student interest perception in following accounting professional certification.