DETAIL KOLEKSI

Perancangan media edukasi menanam untuk anak sebagai sarana belajar di rumah


Oleh : Sekarayu Galuh Chairunnisa

Info Katalog

Penerbit : FSRD - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2023

Pembimbing 1 : Elda Franzia Jasjfi

Pembimbing 2 : Ekananda Haryadi

Subyek : Educational counseling - Blended learning

Kata Kunci : children's educational media, naturalist intelligence, planting, brand, packaging design.

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2023_SK_SDK_091301900062_Halaman-Judul.pdf
2. 2023_SK_SDK_091301900062_Surat-Pernyataan-Revisi-Terakhir.pdf 1
3. 2023_SK_SDK_091301900062_Surat-Hasil-Similaritas.pdf 1
4. 2023_SK_SDK_091301900062_Halaman-Pernyataan-Persetujuan-Publikasi-Tugas-Akhir-untuk-Kepentingan-Akademis.pdf 1
5. 2023_SK_SDK_091301900062_Lembar-Pengesahan.pdf 1
6. 2023_SK_SDK_091301900062_Pernyataan-Orisinalitas.pdf
7. 2023_SK_SDK_091301900062_Formulir-Persetujuan-Publikasi-Karya-Ilmiah.pdf 1
8. 2023_SK_SDK_091301900062_Bab-1.pdf
9. 2023_SK_SDK_091301900062_Bab-2.pdf
10. 2023_SK_SDK_091301900062_Bab-3.pdf
11. 2023_SK_SDK_091301900062_Bab-4.pdf
12. 2023_SK_SDK_091301900062_Bab-5.pdf
13. 2023_SK_SDK_091301900062_Bab-6.pdf
14. 2023_SK_SDK_091301900062_Daftar-Pustaka.pdf
15. 2023_SK_SDK_091301900062_Lampiran.pdf

M Menutut ilmu bagi anak usia dini dilakukan dengan cara bermain ataupun dengan media perantara yang menjadi aktifitas penting bagi tumbuh kembangnya. Salah satunya dapat membantu anak mengenal lingkungan dan menumbuhkan kecerdasan naturalis anak. Adanya perkembangan teknologi yang begitu pesat pada masa kini mengubah minat anak bermain sambil belajar secara langsung menjadi permainan secara digital. Perubahan ini memiliki dampak yang negatif bagi tumbuh kembang anak dan dapat mengurangi pengenalan anak pada lingkungan. Media perantara belajar untuk anak dapat dimanfaatkan untuk mengembalikan minat anak bermain sambil belajar secara langsung dan pengenalan kembali kepada lingkungan salah satunya dengan media edukasi menanam untuk anak. Namun media edukasi menanam yang beredar dipasaran tidak memiliki brand yang spesifik untuk media edukasi menanam yang dikhususkan bagi anak, selain itu kemasan yang digunakan box tanpa desain atau dengan desain yang kurang visualisasi untuk anak. Oleh karena itu, perancangan media edukasi menanam untuk anak dirancang dengan tujuan dapat meningkatkan minat anak pada media edukasi menanam dengan desain yang lebih menarik diantara adanya perkembangan teknologi yang berlangsung. Perancangan ini mengaplikasikan metode kualitatif deskriptif dengan metode pengumpulan data observasi produk, wawancara dan penyebaran kuesioner guna mendapat poin – poin penting untuk mendukung perancangan ini. Hasil dari perancangan ini yaitu brand “Teman Tanamku” sebagai media edukasi menanam untuk anak dengan kemasan yang lebih menarik dan menggunakan sosial media sebagai platform promosi.

S Seeking knowledge for early childhood is done by playing or with intermediary media which is an important activity for their growth and development. One of them can help children get to know the environment and cultivate children\\\'s naturalist intelligence. The rapid development of technology today has changed children\\\'s interest in playing while learning directly into digital games. These changes have a negative impact on children\\\'s development and can reduce children\\\'s introduction to the environment. Learning intermediary media for children can be used to restore children\\\'s interest in playing while learning directly and reintroducing them to the environment, one of which is by planting educational media for children. However, the planting educational media circulating in the market does not have a special brand of planting educational media specifically for children, besides that the packaging used is a box without a design or with a design that lacks visualization for children. Therefore, the design of planting educational media for children was designed with the aim of increasing children\\\'s interest in planting educational media with more attractive designs amidst the ever-evolving technological developments. This design uses descriptive qualitative methods with product observation data collection methods, interviews and distributing questionnaires to get important points that support this design. The result of this design is the brand \\\"Teman Tanamku\\\" as a planting educational medium for children with more attractive packaging and using social media as a promotional platform.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?