DETAIL KOLEKSI

Analisis thermo-mechanical fatigue pada kepala torak mesin diesel menggunakan ansys analisis struktural


Oleh : Fredo Hinduarta Pangestu

Info Katalog

Penerbit : FTI - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2022

Pembimbing 1 : Annisa Bhikuning

Pembimbing 2 : Rosyida Permatasari

Subyek : Automobiles--Motors (Diesel);Mechanical engineering

Kata Kunci : thermal failure, ansys, temperature distribution, diesel engines

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2022_TA_STM_061001800029_Halaman-Judul.pdf
2. 2022_TA_STM_061001800029_Lembar-Pengesahan.pdf
3. 2022_TA_STM_061001800029_Bab-1_Pendahuluan.pdf
4. 2022_TA_STM_061001800029_Bab-2_Tinjauan-Pustaka.pdf 74
5. 2022_TA_STM_061001800029_Bab-3_Metodologi-Penelitian.pdf 28
6. 2022_TA_STM_061001800029_Bab-4_Analisis-Hasil-dan-Pembahasan.pdf 122
7. 2022_TA_STM_061001800029_Bab-5_Kesimpulan-dan-Saran.pdf
8. 2022_TA_STM_061001800029_Daftar-Pustaka.pdf 3
9. 2022_TA_STM_061001800029_Lampiran.pdf 6

K Kelelahan adalah jenis kegagalan yang diakibatkan oleh tegangan dan reganganthermal siklik. Dalam mesin pembakaran, tegangan dan regangan thermal akibatperubahan temperatur yang tinggi terjadi. Tujuan penelitian ini adalah untukmenghitung dan memprediksi heat flux dan perpindahan panas yang terjadi akibatpembakaran compression ignition saat mesin berputar dengan kecepatan 2000 rpmdan durasi penyemprotan bensin ke dalam ruang bakar adalah 10o crank angle.Penelitian dilakukan dengan melakukan analisis mesin Diesel empat langkah, directinjection, dengan bahan bakar n-decane yang terbakar secara sempurna.Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah melakukan perhitunganteoritis lalu melakukan pemodelan geometri torak, analisis distribusi temperaturpada torak serta analisis tegangan, regangan dan deformasi yang dihasilkan akibatpembakaran menggunakan perangkat lunak ANSYS. Hasil penelitian menunjukanpembakaran menghasilkan energi sebesar 2.13 𝑀𝐽/𝑘𝑔, heat flux sebesar 1.35𝑀𝑊/𝑚2, tegangan thermal sebesar 165.18 MPa, regangan thermal sebesar 0.823mm/mm dan deformasi sebesar 0.03 mm. Hasil penelitian menunjukan perbedaantekanan pada nozzle, luas permukaan nozzle, rasio kompresi berbanding lurusterhadap deformasi, tegangan, dan regangan thermal. Dengan kecepatan mesinmemiliki titik optimum terhadap deformasi, tegangan dan regangan thermal.

F Fatigue is a type of failure that results from stress and straincyclic thermal. In a combustion engine, thermal stresses and strains resulthigh temperature changes occur. The aim of this research is tocalculate and predict heat flux and resulting heat transfercompression ignition combustion when the engine rotates at a speed of 2000 rpmand the duration of spraying gasoline into the combustion chamber is 10o crank angle.The research was carried out by analyzing a four-stroke, direct Diesel engineinjection, with n-decane fuel that burns completely.The method used in this research is to carry out calculationstheoretically then carry out piston geometry modeling, temperature distribution analysison the piston as well as analysis of stress, strain and deformation resulting from itburning using ANSYS software. The research results showcombustion produces energy of 2.13 𝑀𝐽/𝑘𝑔, heat flux of 1.35𝑀𝑊/𝑚2, thermal stress of 165.18 MPa, thermal strain of 0.823mm/mm and deformation of 0.03 mm. The research results show differencespressure on the nozzle, nozzle surface area, compression ratio are directly proportionalagainst thermal deformation, stress and strain. With engine speedhas an optimum point for deformation, stress and thermal strain.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?