DETAIL KOLEKSI

Pengembangan model bisnis pd. cha-cha busana dengan pendekatan design thinking pada masa pandemi covid-19


Oleh : Muhammad Raihan

Info Katalog

Penerbit : FTI - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2021

Pembimbing 1 : Didien Suhardini

Pembimbing 2 : Imam Kisowo

Subyek : Industrial management;Strategic planning

Kata Kunci : design thinking, swot, value proposition canvas, lean canvas, blue ocean strategy, gross margin, bre

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2021_TA_STI_063001700051_Halaman-Judul.pdf 14
2. 2021_TA_STI_063001700051_Lembar-Pengesahan.pdf
3. 2021_TA_STI_063001700051_Bab-1_Pendahuluan.pdf 5
4. 2021_TA_STI_063001700051_Bab-2_Tinjauan-Pustaka.pdf
5. 2021_TA_STI_063001700051_Bab-3_Metodologi-Penelitian.pdf
6. 2021_TA_STI_063001700051_Bab-4_Analisis-Hasil-dan-Pembahasan.pdf
7. 2021_TA_STI_063001700051_Bab-5_Kesimpulan-dan-Saran.pdf
8. 2021_TA_STI_063001700051_Daftar-Pustaka.pdf 2
9. 2021_TA_STI_063001700051_Lampiran.pdf

P PD. Cha-cha Busana adalah industri pakaian muslim yang sudah berdiri selama 30tahun. PD. Cha-cha Busana selain menjadi retailer busana muslim juga menjadiwholesaler untuk konsumen PD. Cha-cha Busana itu sendiri. PD. Cha-cha Busanatidak memproduksi pakaiannya sendiri melainkan menggunakan vendor konveksiuntuk memproduksi pakaian muslim tersebut. Berdasarkan pengamatan yang telahdilakukan diketahui bahwa penjualan pakaian muslim mengalami penurunan yangdrastis pada masa pandemi Covid-19, sehingga perlu adanya pemahaman yanglebih mendasar mengenai bisnis yang bisa memberikan solusi juga inovasi untukmengembalikan penjualan pakaian muslim seperti semula. Tujuan yang ingindicapai dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penyebab penurunan penjualan.Kemudian mengatasinya dengan perumusan strategi dan model bisnis baru denganmetode design thinking. Evaluasi yang dilakukan termasuk analisa faktor internaldan eksternal yang mempengaruhi usaha ini. Metode yang digunakan untukmelakukan pengembangan bisnis yaitu Design Thinking, Value PropositionCanvas, Lean Canvas, dan Blue Ocean Strategy, untuk kelayakan bisnismenggunakan kriteria Gross Margin dan Break Even Point. Dengan DesignThinking memperoleh empathy map yang berisi Gain yaitu harga terjangkau, desainmenarik dan katalog pakaian. Pain yaitu desain tidak up to date, sulit mendapatkanpakaian muslim saat pandemi, dan bahan pakaian tidak premium. Value propositioncanvas yang didapat dengan customer jobs yaitu konsumen menginginkan produkpakaian muslim berkualitas dengan desain elegan dan mudah didapat untukmenghadiri acara tertentu. yang mehasilkan product & services dari pain dan gainyaitu memberikan produk pakaian muslim berkualitas dengan desain elegan, mudahdidapatkan dan harga yang terjangkau. Lean canvas yang didapat yaitu memberikanproduk pakaian muslim berkualitas dengan desain elegan, mudah didapatkan danharga yang terjangkau. Blue ocean Strategy yang diperoleh adalah menciptakanmembership reseller, reward reseller, melakukan endorsement, tutorial mix &match produk, hampers, dan kerjasama dengan sekolah mode. Berdasarkanperhitungan BEP yang didapat jika PD. Cha-cha Busana menjual 500 unit perbulanbukan menjadi masalah karena sudah mencapai titik pulang pokok sebab BEP unityang diperoleh sebesar 1539 unit/tahun atau setara 129 unit/bulan dengan grossprofit margin sebesar Rp 3.822.900.00 per tahun.

P PD. Cha-cha Busana is a Muslim clothing industry that has been around for 30years. PD. Cha-cha Busana, apart from being a Muslim clothing retailer, is also awholesaler for consumers PD. Cha-cha Busana itself. PD. Cha-cha Busana doesnot produce its own clothing but uses convection vendors to produce the Muslimclothing. Based on observations that have been made, it is known that sales ofMuslim clothing have decreased drastically during the Covid-19 pandemic, sothere is a need for a more basic understanding of business that can providesolutions as well as innovations to return sales of Muslim clothing to normal. Theaim of this research is to find out the cause of the decline in sales. Then overcomeit by formulating new strategies and business models with the design thinkingmethod. The evaluation includes an analysis of internal and external factors thataffect this business. The methods used for business development are DesignThinking, Value Proposition Canvas, Lean Canvas, and Blue Ocean Strategy, forbusiness feasibility using Gross Margin and Break Even Point criteria. With DesignThinking, you get an empathy map that contains Gain, namely affordable prices,attractive designs and clothing catalogs. Pain is that the design is not up to date, itis difficult to get Muslim clothes during the pandemic, and the clothing materialsare not premium. The value proposition canvas obtained with customer jobs is thatconsumers want quality Muslim clothing products with elegant designs and areeasily available to attend certain events. which produces products & services frompain and gain, namely providing quality Muslim clothing products with elegantdesigns, easy to obtain and affordable prices. Lean canvas that is obtained is toprovide quality Muslim clothing products with elegant designs, easy to obtain andaffordable prices. Blue ocean obtained by PD. Cha-cha Busana is by creatingreseller memberships, reseller rewards, doing endorsements, product mix & matchtutorials, hampers, and collaboration with fashion schools. Based on thecalculation of BEP obtained if PD. Cha-cha Busana selling 500 units per month isnot a problem because it has reached the point of return because the BEP unitsobtained are 1539 units / year or the equivalent of 129 units / month with a grossprofit margin of Rp. 3,822,900.00 per year.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?