DETAIL KOLEKSI

Evaluasi kinerja dan analisis tingkat kepuasan penumpang di stasiun KRL Grogol

5.0


Oleh : Jessica Paulina

Info Katalog

Penerbit : FTSP - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2020

Pembimbing 1 : Dewi Rintawati

Pembimbing 2 : Christina Sari

Subyek : Consumer satisfaction;Railroad stations - Economic aspects

Kata Kunci : performance of station, KRL Station, passenger satisfaction levels, importance performance analysis

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2020_TA_STS_051001600040_Halaman-Judul.pdf
2. 2020_TA_STS_051001600040_Lembar-Pengesahan.pdf
3. 2020_TA_STS_051001600040_Bab-1_Pendahuluan.pdf 5
4. 2020_TA_STS_051001600040_Bab-2_Tinjauan-Pustaka.pdf 20
5. 2020_TA_STS_051001600040_Bab-3_Metodelogi-Penelitian.pdf 12
6. 2020_TA_STS_051001600040_Bab-4_Analisis-dan-Pembahasan.pdf
7. 2020_TA_STS_051001600040_Bab-5_Kesimpulan.pdf
8. 2020_TA_STS_051001600040_Daftar-Pustaka.pdf 2
9. 2020_TA_STS_051001600040_Lampiran.pdf

S Stasiun Grogol merupakan Stasiun KRL Commuter Line yang terletak di Jalan Prof. Dr. Latumenten, Jelambar, Jakarta Barat. Stasiun ini baru diaktifkan pada bulan Juni 2015, namun peningkatan jumlah penumpang terjadi setiap tahunnya, yaitu rata-rata sebesar 11%. Oleh karena itu diperlukan evaluasi terhadap kinerja stasiun, dari segi ukuran peron, sirkulasi penumpang, pelayanan dan fasilitas di stasiun, serta analisis tingkat kepuasan penumpang. Penelitian ini dilakukan dengan observasi secara langsung untuk mengevaluasi kinerja stasiun berdasarkan Pedoman Standardisasi Stasiun Kereta Api Tahun 2012 dan PM 63 Tahun 2019. Selain itu untuk menganalisis tingkat kepuasan penumpang dilakukan penyebaran kuesioner yang berkaitan dengan Standar Pelayanan Minimum pada PM 63 Tahun 2019. Hasil dari kuesioner akan melalui uji validitas dan reliabilitas, kemudian diolah menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA). Berdasarkan hasil evaluasi yang diperoleh untuk ukuran peron di Stasiun Grogol saat ini sudah memenuhi ketentuan pada Pedoman Standardisasi Stasiun Kereta Api Tahun 2012, namun untuk sirkulasi penumpang masih belum memenuhi ketentuan. Kemudian untuk hasil dari evaluasi kinerja pelayanan dan fasilitas di Stasiun Grogol saat ini telah memenuhi 78,72% tolak ukur pada PM 63 Tahun 2019. Jika berdasarkan hasil analisis tingkat kepuasan penumpang melalui Metode IPA, diperoleh nilai rata-rata tingkat kesesuaian yang masih di bawah 100% yaitu 77,07%. Artinya kinerja pelayanan dan fasilitas di Stasiun Grogol masih belum sesuai yang diharapkan, sehingga belum memenuhi kepuasan pengguna stasiun. Hal ini dapat dilihat dari posisi atribut yang berada di kuadran A dan kuadran C yang masih memerlukan penanganan untuk ditingkatkan lagi kinerjanya melalui solusi alternatif yang diberikan pada penelitian ini.

G Grogol Station is a Commuter Line KRL Station located on Prof. Dr. Latumenten street, Jelambar, West Jakarta. This station was activated in June 2015, but an increase in the number of passengers occurs every year, which is an average of 11%. Therefore, it is necessary to evaluate the performance of station, in terms of platform size, passenger circulation, services and facilities at the station, and analysis of passenger satisfaction levels. This study was conducted by direct observation to evaluate the performance of station based on the Standards Railway Station Guideline in 2012 and PM 63 in 2019. In addition to analyzing the level of passenger satisfaction, were distributed questionnaire which related to the Minimum Service Standards in PM 63 in 2019. The results of the questionnaire will be tested for validity and reliability, then processed using the Importance Performance Analysis (IPA) Method. Based on the evaluation results obtained, the platform size at Grogol Station currently meets the provisions of the Standards Railway Station Guideline in 2012, but for passenger circulation it still does not meet the requirements. Then for the results of the evaluation of the performance of services and facilities at Grogol Station, currently it has met 78.72% of the benchmark at PM 63 in 2019. If based on the results of the analysis of passenger satisfaction levels through the IPA Method, the average value of the level of conformity is obtained which is still below 100% that is 77.07%. This means that the performance of services and facilities at Grogol Station is still not as expected, so that it not yet fulfilled the passenger satisfaction. This can be seen from the position of the attributes in quadrant A and quadrant C which still require treatment to improve their performance through alternative solutions given in this study.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?