DETAIL KOLEKSI

Perancangan animasi 2d untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap penipuan melalui telepon


Oleh : Hayfa Putri Alifia

Info Katalog

Penerbit : FSRD - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2023

Pembimbing 1 : Elda Franzia Jasjfi

Pembimbing 2 : Januar Ivan Halimawan

Subyek : Visual Communicaton Design

Kata Kunci : 2D Animation, digital Fraud, communication and Information, public service advertisements.

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2023_SK_SDK_091301900025_Halaman-Judul.pdf 13
2. 2023_SK_SDK_091301900025_Surat-Pernyataan-Revisi-Terakhir.pdf 1
3. 2023_SK_SDK_091301900025_Surat-Hasil-Similaritas.pdf 1
4. 2023_SK_SDK_091301900025_Halaman-Pernyataan-Persetujuan-Publikasi-Tugas-Akhir-untuk-Kepentingan-Akademis.pdf 1
5. 2023_SK_SDK_091301900025_Lembar-Pengesahan.pdf 1
6. 2023_SK_SDK_091301900025_Pernyataan-Orisinalitas.pdf 1
7. 2023_SK_SDK_091301900025_Formulir-Persetujuan-Publikasi-Karya-Ilmiah.pdf 1
8. 2023_SK_SDK_091301900025_Bab-1.pdf 6
9. 2023_SK_SDK_091301900025_Bab-2.pdf 29
10. 2023_SK_SDK_091301900025_Bab-3.pdf 9
11. 2023_SK_SDK_091301900025_Bab-4.pdf 27
12. 2023_SK_SDK_091301900025_Bab-5.pdf 56
13. 2023_SK_SDK_091301900025_Bab-6.pdf 1
14. 2023_SK_SDK_091301900025_Daftar-Pustaka.pdf 12
15. 2023_SK_SDK_091301900025_Lampiran.pdf 3

P Perkembangan teknologi yang kian semakin meningkat juga memiliki sisi negatif yang ditimbulkan yaitu timbulnya ancaman kejahatan yang modern, salah satunya adalah tindakan kejahatan digital atau bisa disebut dengan phising. Phising merupakan suatu bentuk kejahatan digital yang bersifat mengancam, menjebak atau memancing seseorang melalui media digital dengan konsep menipu seseorang sehingga orang tersebut secara tidak langsung memberikan semua informasi yang di butuhkan oleh sang penjebak. Dikarenakan maraknya phising, maka dengan mengikuti perkembang zaman, pembuatan media merupakan salah satu strategi untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap banyaknya kasus penipuan. Rancangan ini bertujuan untuk menciptakan iklan layanan masyarakat berbentuk animasi 2D yang efektif dan menarik mengenai “kewaspadaan terhadap penipuan melalui telepon” khususnya untuk Kominfo dan juga untuk Membuat media sosialisasinya. Khalayak sasaran perancangan ini adalah seluruh pengguna telepon khususnya di wilayah DKI Jakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Berdasarkan data yang didapat dari kuesioner dan studi pustaka, korban penipuan digital pada umumnya berjenis kelamin laki-laki yang rata-rata berumur diatas 59 tahun. Kebanyakan dari korban tidak mengetahui bahwa Kominfo menyediakan layanan yang dapat menerima laporan mengenai tindakan penipuan digital.

T The increasing development of technology also has a negative side, namely the emergence of modern crime threats, one of which is digital crime or can be called phishing. Phishing is a form of digital crime that threatens, traps or lures someone through digital media with the concept of deceiving someone so that the person indirectly provides all the information needed by the trapper. Due to the rise of phishing, keeping up with the times, making media is one of the strategies to increase awareness of the many cases of fraud. This design aims to create an effective and attractive 2D animated public service advertisement regarding \\\"awareness of telephone fraud\\\" especially for Kominfo and also to create socialization media. The target audience for this design is all telephone users, especially in the DKI Jakarta area. The research method used is descriptive qualitative research method. Based on data obtained from questionnaires and literature, victims of digital fraud are generally male, with an average age of over 59 years. Most of the victims do not know that Kominfo provides services that can receive reports regarding digital fraud.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?