DETAIL KOLEKSI

Ruang terbuka nuansa Islami di Komples Islamic Village Tangerang (The Islamic open space at Educational Islamic College, Tangerang)


Oleh : Herniaty

Info Katalog

Penerbit : FALTL - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2002

Pembimbing 1 : Titien Suryantin

Subyek : Outdoor education - Islamic aspects;Landscape architecture

Kata Kunci : Islamic Village Education, gheometric transform, Islamic concept

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2002_TA_SAL_08196040_Halaman-Judul.pdf
2. 2002_TA_SAL_08196040_Lembar-Pengesahan.pdf
3. 2002_TA_SAL_08196040_Bab-1_Pendahuluan.pdf
4. 2002_TA_SAL_08196040_Bab-2_Studi-kepustakaan.pdf
5. 2002_TA_SAL_08196040_Bab-3_Identifikasi.pdf
6. 2002_TA_SAL_08196040_Bab-4_Program-Pengembangan-.pdf
7. 2002_TA_SAL_08196040_Bab-5_Konsep-perancangan.pdf
8. 2002_TA_SAL_08196040_Bab-6_Hasil-rancangan-.pdf
9. 2002_TA_SAL_08196040_Daftar-Pustaka.pdf
10. 2002_TA_SAL_08196040_Lampiran.pdf

K Kompleks Pendidikan Dasar dan Menengah Islamic Village berada dibawah naungan Yayasan Islamic Village, saat ini telah menempati area disebelah barat laut/utara pemukiman Islamic Village Tangerang. Letak sangat strategis dekat gerbang tol Karawaci (Jalan tol Jakarta-Merak) serta berada dekat lingkungan pemukiman Islamic Village, telah menjadikan pendidikan Islamic Village ini termasuk yang terkemuka diwilayahnya serta memiliki prospek yang cerah dengan berkembangnya kawasan pemukiman di wilayah tersebut. Seiring dengan berkembangnya kawasan tersebut, terutama dengan adanya kawasan Lippo Village, maka area yang saat ini ditempati cenderung menjadi kawasan bisnis komersial. Pada area baru ini (berada disisi selatan area lama berbatasan dengan jalan raya telah terdapat fasilitas peribadatan (Masjid Besar), dan beberapa bangunan lain. Bangunan- bangunan yang ada tersebut akan menjadi kesatuan dengan bangunan fasilitas pendidikan yang baru, dan diharapkan kompleks Islamic Village ini dapat memberikan kontribusi yang cukup berarti bagi wilayahnya, khususnya peinukiman Islamic Village. Didalam menyusun program kebutuhan ruang luar dan fasilitas didasarkan pada kebutuhan kegiatan pendidikan itu sendiri yang seauai dengan kurikulum dan pertimbangan kondisi existing yang ada disekitamya. Sedangkan untuk menentukan alur dari sirkulasi masing-masing dapat dilihat berdasarkan jenis kejj;iatan yang dilakukan mulai dari para santri hingga tenaga pengajar dan karyawan setempat. Melalui diagram yang telah buat, dapat ditarik auatu hasil pengembangan dari program kebutuhan yaitu berupa Bubble diagram yang didalamnya berisi tentang pembagian zona ruang luar yang sesuai kebutuhan dengan didasari oleh fungsi dari masing-masing fasilitas yang direncanakanKonaep dasar yang ditetapkan adalah transfomisi geometric. Dimana konsep yang dipilih tersebut didasarkan atas konsep alam. Yang di dalam hal ini orientasi ke masjid. Berdasarkan hal tersebut maka konsep rancangan yang akan terbentuk adalah mengikuti pola dari Masjid.Tahap akhir dari prusea perancangan adalah pengembangan rancangan Pembagian area menurut fungsinya adalah salah satu langkah awal didalam penyelesaian rancangan. Pada tapak dibagi menjadi area penerima, Ibadah, pelayanan, hunian dan pendidikan. Masing-masing area memiliki karakter berbeda-beda. Perancangan Lansekap yang baik didukung oleh gubahan ruang luar yang fungsional, jenis sirkulasi yang dapat mendukung kegiatan disekitarnya, penataan tanaman yang sesuai serta pemilihan bentuk yang sesuai dengan konsep Islam dan pemanfaatan utilitas yang ditentukan berdasar kebutuhan

T The Complex of Islamic Village’a Elementary and Junior High School is under maintenance of Islamic Village Foundation, right now has been taken up in the northwest / north of Islamic Village Tangerang residential. With strategic location near to Karawaci Toll-gate (Jakarta - Merak Toll) and also near to Islamic Village residential area, has made Islamic Village Education as one of the famous and have good prospect with the development of residential in the area. At the same time development in the area, especially with the existing of Lippo Village area, made this area has been taken up right now becoming commercial business area.At this new area (located in the south area adjacent with highway already had prayerfacility (Big Mosque), and other buildings.The existing building will become one unity with new educational building facility, and this Islamic Village Complex expected could give a lot of contribution to this area, especially Islamic Village residential.In Planning Program, facilities and the outdoor needs are based on the education itselfaccording to the curiculum and consideration of the existing building. While to make the circulation of the site, it is based on the activities of each others. From the planning of the diagram, it can be seen on the final program which is bubble Diagram.The basic concept is Gheometric Transform which based on Islamic- concept that has central orientation. It creates forms that comes from the transform of Gheometric which follow by the pattern of the Mosque.The final phase is construction development. The first step in completion of the plan is clasified area according to the function and character. This site is divided into receiving, religious, education, and residence areas where they have different character, such as : receiving, religious and educational, public area, and residence is informal area. The setting up for a good landscape is supported by proper site function, the circulation structuring which unify among the area, the arrangement of plantation, the choosing of Islamic concept and the using of hard materials which giving the specific character.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?