DETAIL KOLEKSI

Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan pariwisata di Indonesia

3.7


Oleh : Meita Nurhaida

Info Katalog

Penerbit : FEB - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2012

Pembimbing 1 : Soeharjoto

Subyek : Tourism;tourist industry, economics

Kata Kunci : demand tourism, visitor arrival, panel data

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2012_TA_EP_021080007_fuul.pdf
2. 2012_TA_EP_021080007_7.pdf
3. 2012_TA_EP_021080007_6.pdf
4. 2012_TA_EP_021080007_5.pdf
5. 2012_TA_EP_021080007_4.pdf
6. 2012_TA_EP_021080007_3.pdf
7. 2012_TA_EP_021080007_2.pdf
8. 2012_TA_EP_021080007_1.pdf

I Indonesia merupakan sebuah negara yang memiliki banyak potensi besar dalam sektor kepariwisataannya, baik itu potensi alam, bahari maupun wisatanya. Selain itu sektor pariwisata juga sebagai sektor yang potensial dalam hal penyumbang devisa terbesar bagi negara setelah minyak dan gas bumi. Skripsi ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan pariwisata di Indonesia. Faktor-faktor yang diduga berpengaruh adalah PDB perkapita negara asal wisatawan mancanegara, Kurs negara asal wisatawan mancanegara terhadap Rupiah, Kurs negara subtitusi, Dummy kondisi keamanan dan Dummy promosi. Dalam penelitian ini permintaan sektor pariwisata diukur dengan indikator jumlah kunjungan wisatawan. Dengan menggunakan data panel mulai tahun 2002 sampai dengan 2009 dari 8 negara yang jumlah kunjungannya terbesar. Hasil estimasi model regresi Fixed Effect menunjukan bahwa variabel Kurs adalah variabel yang secara signifikan mempengaruhi permintaan pariwisata.

I Indonesia is a country that has a lot of great potential in the tourism sector, consisting of nature potential, maritime and tourism. In addition, the tourism sector as well as the potential sector, was contributed the largest National income to Indonesia after oil and gas. This thesis aims to analyze the factors that influence the demand for tourism in Indonesia. Variables that influence used are PDB per capita, exchange rate, exchange rate of subtitute destination, dummy safe condition and dummy promotion. In this study, tourism demand is measured by the number of tourist arrivals. By using panel data from 2002 through 2009 from 8 countries as the largest number of visits. The result of the regression Fixed Effect model, show that the Exchange Rate is a variable that significantly influence tourism demand in Indonesia.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?