Perancangan desain game edukasi visual novel sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan pendidikan karakter anak usia sekolah dasar (sd)
P Penelitian ini bertujuan merancang dan mengembangkan game edukasi berbentuk Visual Novel sebagai media pembelajaran interaktif untuk meningkatkan pendidikan karakter anak usia sekolah dasar (SD). Penelitiaan dilakukan menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data bersumber tinjauan pustaka, wawancara, angket/kuesioner, dan dokumentasi. Metode perancangan menggunakan metode Design Thinking yang digabungkan dengan metode Game-based Learning. Proses dimulai dengan analisis permasalahan dan kebutuhan pendidikan karakter anak, kemudian merancang game visual novel yang relevan untuk merespon rumusan masalah sesuai metode perancangan. Dalam sistematika game, dimplementasikan elemen interaktif yang dirancang untuk pembelajaran aktif dengan membebaskan anak dalam menentukan sendiri versi alur cerita dengan memilih salah satu kemungkinan jawaban (narrative branching) dan menghasilkan lebih dari satu akhir cerita (multiple endings). Hasil menunjukkan bahwa game ini efektif meningkatkan minat belajar dan menanamkan nilai karakter Pancasila, khususnya karakter kejujuran bagi anak.
T This study aims to design and develop an educational game in the form of a Visual Novel as an interactive learning media to improve the character education of elementary school children. The research was conducted using a descriptive qualitative method with data collection techniques sourced from literature reviews, interviews, questionnaires, and documentation. The design method uses the Design Thinking method combined with the Game-based Learning method. The process begins with an analysis of the problems and needs of children\\\'s character education, then designing a relevant visual novel game to respond to the problem formulation according to the design method. In the game\\\'s systematics, interactive elements are implemented that are designed for active learning by freeing children to determine their own version of the storyline by choosing one possible answer (narrative branching) and producing more than one ending (multiple endings). The results show that this game is effective in increasing interest in learning and instilling Pancasila character values, especially the character of honesty for children.