DETAIL KOLEKSI

Analisis peningkatan quality of experience (qoe) menggunakan nilai qos class identifier (qci) pada pengguna mobile game


Oleh : Adira Salsabila

Info Katalog

Penerbit : FTI - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2024

Pembimbing 1 : R Deiny Mw

Subyek : Quality of service (Computer networks)

Kata Kunci : quality of service (QoS), QoS class identifier (QCI), quality of experience (QoE), mobile game PUBG,

Saat ini file hanya dapat diakses dari perpustakaan.

Status : Lengkap

I Indonesia adalah salah satu negara yang memiliki minat bermain game dengan angka yang cukup tinggi, terutama di sektor mobile game. Banyaknya peminat mobile game menyebabkan banyaknya juga permintaan dari pengguna agar koneksi jaringan lebih berkualitas tinggi saat bermain game. Maka, pada penelitian ini dilakukan manipulasi prioritas paket data yang dikirim dengan cara menentukan nilai QCI (QoS Class Identifier) yang akan digunakan dengan data akhir berupa data QoE (Quality of Experience) yang didapatkan dari pengujian QoS (Quality of Service) dan UX (User Experience). Data QoS didapatkan saat user bermain mobile game PUBG: Battlegrounds menggunakan nilai QCI 7 dengan perbandingan nilai QCI 3 untuk selanjutnya dilakukan tracing QoS menggunakan aplikasi Wireshark, sedangkan pengujian UX didapatkan dengan cara penyebaran kuesioner kepada responden setelah bermain mobile games PUBG: Battlegrounds untuk melihat bagaimana pengalaman bermain game sebelum dan sesudah dilakukan modifikasi QCI. Didapatkan nilai gabungan akhir QoE di pagi hari menggunakan nilai QCI 3 (4.86 ; 4.87), pagi hari menggunakan QCI 7 (4.66 ; 4.5), malam hari menggunakan nilai QCI 3 (4.5 ; 4.27) dan malam hari menggunakan QCI 7 adalah (4.23 ; 3.93). Dengan experience dalam sisi QoS dan UX paling baik didapatkan saat menggunakan QCI 3 dengan waktu pengujian saat pagi hari.

I Indonesia is one of the countries that has a high interest in gaming, especially in the mobile gaming sector. The number of mobile game enthusiasts also causes many requests from users so that the network connection is of higher quality when playing games. So, in this study, manipulation of the priority of data packets sent by determining the QCI (QoS Class Identifier) value to be used with the final data in the form of QoE (Quality of Experience) data obtained from QoS (Quality of Service) and UX (User Experience) testing. QoS data is obtained when users play PUBG mobile game: Battlegrounds using a QCI value of 7 with a QCI value comparison of 3 for further QoS tracing using the Wireshark application, while UX testing is obtained by distributing questionnaires to respondents after playing PUBG mobile games: Battlegrounds to see how the gaming experience was before and after the QCI modification. The final combined value of QoE in the morning using QCI value 3 (4.86; 4.87), morning using QCI 7 (4.66; 4.5), night using QCI value 3 (4.5; 4.27) and night using QCI 7 is (4.23; 3.93). With experience in terms of QoS and UX, the best is obtained when using QCI 3 with test time in the morning.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?