Kajian pengaruh bilbord tayangan ofline dan online pada fashion e-commerce terhadap minat audience
S Suatu perusahaan didirikan pada dasarnya bertujuan untuk memperoleh keuntungan (laba). Untuk memenuhi tujuan tersebut, salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan penjualan adalah dengan cara beriklan. Iklan harus dapat menyampaikan pesan yang tertanam pada penerimanya, sehingga menimbulkan persepsi yang positif pada penerimanya (persepsi audience). Persepsi yang positif kemudian akan memberikan dampak yang positif yaitu adanya keinginan atau minat audience untuk membeli produk yang diiklankan. Saat ini, banyak alternatif media untuk iklan. Salah satu media iklan yang saat ini digunakan adalah media luar ruang berupa billboard. Seiring perkembangan teknologiinformasi, billboard kini terdapat juga dalam tayangan iklan di media online.Penelitian ini dilakukan karena sejauh ini belum ada referensi mengenai tingkat efektivitas media billboard tayangan offline dan online, sehingga pemilihan media offline maupun online untuk pemasaran masih belum bisa dibandingkan. Penelitian difokuskan kepada kajian pengaruh billboard tayangan offline dan online terhadap minat audience. Adapun billboard tayangan offline dan online yang terpilih untuk diteliti yaitu fashion e-commerceRabbani.Adapun tujuan dilakukan penelitian ini yaitu (1) menghasilkan referensi billboard tayangan offline dan online yang baik dan menarik, (2) menghasilkan analisis efektivitas dan efisiensi pada billboard tayangan offline dan online terhadap minat audiens, dan (3) menghasilkan dasar acuan perbandingan dan pengaruh billboard tayangan offline dan online pada minat audiens.Pada penelitian ini digunakan pendekatan penelitian kualitatif karena data yang dikumpulkan merupakan data yang berbentuk angka-angka, yang kemudian diterjemahkan ke dalam pendekatan penelitian kualitatif untuk mendeskripsikan hasil penelitian yang telah dirumuskan. Metode penelitian kualitatif dalam penelitian ini analisis komparatif, estetik, dan interaksi.Penelitian ini melibatkan 30 responden yang berada di wilayah DKI Jakartadan sekitarnya.Hasil penelitian menunjukkan, bahwa persepsi responden terhadap billboardtayanganoffline dan online fashion e-commerce Rabbani positif. Kedua jenis billboard berpengaruh nyata terhadap persepsi audience. Namun terpaan billboard tayanganonline relatif lebih tinggi dibanding billboard tayanganoffline. Selain itu juga visualisasi pada billboard tayanganonline memberikan gambaran yang lebih menarik perhatian audience. Analisis statistik dengan menggunakan uji beda menunjukkan, bahwa billboard tayanganonline lebih efektif dalam meningkatkan persepsi dibanding billboard tayanganoffline. Efektivitas terjadi karena frekwensi tayangan online lebih tinggi dibanding offline. Dengan lebih seringnya melihat dan menganalisis, maka kesempatan timbulnya persepsi audience juga semakin tinggi dan kemudian dapat meningkatkan minat audience.Kesimpulan yang didapat dari hasil penelitian ini yaitu (1) rupa billboard tayangan offline yang baik danmenarik harus sering dilihat, lampu latar sangat baik, dan bersifat inovatif. Adapun untuk billboard tayangan online harus memperhatikan kontras dan tata warna dalam visualisasi billboardnya, (2)pemasaran produk dengan billboard tayangan offline dan yangonline harus mampu menyampaikan pesan yang ingin disampaikan agar terbangun persepsi dan dapat membangkitkan minat audience untukmembeli, (3) pemanfaatan billboard tayangan online lebih tinggi pengaruhnya dalam minat membeli produk, yang berarti lebih efektif dan efisien dalam pemasaran produk e-commerce
A A company is basically established to gain profit. To achieve the objective, one of the efforts to increase the sales is by advertising. Advertisement should be able to deliver the message embedded to the audience, so that it could generate positive perception to the audience. Positive perception will then give positive impact by willingness or interest to buy the advertised product. Nowadays, there are many alternative media for advertisement. One of them which commonly used is outdoor media namely billboard. In line with information technology development, billboards exist in online media now.This research was done since there was no reference related to the effectiveness of offline and online displayed billboards. Therefore the selection of offline and online media for advertisement has not been comparable. This research was focused on analyzing the effects of offline and online displayed billboards on audience interests. Offline and online displayed billboards of fashion e-commerce Rabbani was selected as the case study. The objectives of this research were (1) to provide references on effective and interesting offline and online billboard, (2) to analyze the effectiveness and efficiency of offline and online billboards on the audience interests, and (3) to provide basic reference for comparison and effects of offline and online billboards on the audience interests.This research used the approach of qualitative study since the collected data were numerical which were then transformed into qualitative study to describe the formulated results. The methods of qualitative study in this research included comparative, esthetical, and interactions analysis. This research involved 30 respondents in Jakarta and surrounding.The results showed that respondent perception on offline and online displayed billboards of fashion e-commerce Rabbani was positive. Both types of billboards had significant effects on the audience perception. However, the online displayed billboards had more exposures to the audience if compared with the offline displays. Besides, the visualization of online billboards could provide moreinteresting features to attract the audience attention. Statistical analysis using different test showed that online displayed billboards was more effective in increasing the perception compared with the offline one. The effectiveness was due to higher frequency of online displays compared with offline. By seeing and analyzing the online billboards more frequently, the opportunity of audience perception was higher too and in turn it could improve the audience interests. The conclusions of this researchwere (1) the appearance of good and interesting offline billboard should be more eye-catching, having good background lights, and innovative. Meanwhile the online billboards should have good visualization with appropriate contrast and coloring; (2) product marketing through offline and online displayed billboards should be able to deliver the intended message, so the perception could be built and the buying decision could be triggered; (3) the utilization of online displayed billboards have higher effects on the audience interests, meaning more effective and efficient in e-commerce product marketing