DETAIL KOLEKSI

Perancangan lansekap pusat studi dan pengembangan Kebudayaan Betawi di Jakarta Pusat


Oleh : Akida Natadidjaja

Info Katalog

Penerbit : FALTL - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 1996

Pembimbing 1 : Ina Krisantia

Pembimbing 2 : Endrawati Fatimah

Subyek : Cultural center - Designs and plans

Kata Kunci : social art, culture education, Betawi Jakarta

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 1996_TA_SAL_08190005_Halaman-Judul.pdf
2. 1996_TA_SAL_08190005_Lembar--Pengesahan.pdf
3. 1996_TA_SAL_08190005_Bab-1_Pendahuluan.pdf
4. 1996_TA_SAL_08190005_Bab-2_Tinjauan.pdf
5. 1996_TA_SAL_08190005_Bab-3_Pembahasan.pdf
6. 1996_TA_SAL_08190005_Bab-4_Program-Kebutuhan.pdf
7. 1996_TA_SAL_08190005_Bab-5_Konsep-Perancangan.pdf
8. 1996_TA_SAL_08190005_Daftar-Pustaka.pdf 1
9. 1996_TA_SAL_08190005_Lampiran.pdf

P Perkembangan di Kota Jakarta jika ditinjau dari kehidupan sosial budaya masyarakat Jakarta mempunyai sifat dari sosial budayanya adalah sangat heterogen. Tiap kebudayaan mengalami perubahan serta pengembangan secara dinamis sesuai dengan perkembangan masyarakat pendukungnya. Dampak dari kemajuan teknologi maka perkembangan kebudayaan lama mengalami proses pengikisan budaya. Maka, terbentuknya suatu konsentrasi seperti adanya perkampungan Betawi. Hal ini tidak terlepas dari sejarah masyarakat Betawi tempo dulu yang telah mendiami tanah warisan secara turun-menurun di daerah Kemayoran tersebut dan sifat budayanya yang kontemporer.Pusat Studi dan Pengembangan Kebudayaan Betawi mempunyai fungsi sebagai wadah untuk aktivitas meneliti, mempelajari serta meningkatkan dan mengefektifkan hasil akal budi manusia (cipta, karsa dan rasa) dari suatu masyarakat Jakarta tempo dulu dengan ciri khas yang dimilikinya. Melalui wadah ini diharapkan kebudayaan Betawi bertahan dan dapat disejajarkan dengan kebudayaan daerah lainnya, paling tidak di tempat lahirnya kebudayaan Betawi yaitu Jakarta dan menjadi tempat tinggal daripada para pelaku kegiatan pendidikan (murid dan guru).

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?