DETAIL KOLEKSI

Kajian penggantian jenis perkerasan landas pacu Bandara Udara Internasional Adi Soemarmo Solo


Oleh : Titi Adi Levelyana

Info Katalog

Penerbit : FTSP - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2018

Pembimbing 1 : Luky Surachman

Subyek : Runway pavement

Kata Kunci : ACN-PCN method, critical aircraft, pavement

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2018_TA_TS_05113102_Halaman-judul.pdf 17
2. 2018_TA_TS_05113102_Bab-1.pdf 5
3. 2018_TA_TS_05113102_Bab-2.pdf
4. 2018_TA_TS_05113102_Bab-3.pdf
5. 2018_TA_TS_05113102_Bab-4.pdf
6. 2018_TA_TS_05113102_Bab-5.pdf
7. 2018_TA_TS_05113102_Daftar-pustaka.pdf 2
8. 2018_TA_TS_05113102_Lampiran.pdf

P Pekerasan landas pacu adalah komponen terpenting dalam pendaratanmaupun lepas landas pesawat udara. Dengan ini, telah dilakukan kajian untukmendapatkan tebal perkerasan baru untuk meminimalisir perawatan dariperkerasan landas pacu, yaitu menjadi perkerasan kaku (rigid pavement). Kajianmenggunakan metode ACN-PCN bertujuan untuk mendapatkan ketebalan dariperkerasan kaku landas pacu Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo Solodengan menggunakan pesawat udara kritis yang beroperasi berjenis Airbus 330-300. Hasil dari kajian dengan keberangkatan tahunan pada tahun 2017 didapatkandesain ekuivalen keberangkatan tahunan pesawat udara sebesar 3.206 pergerakanpesawat udara dan tebal perkerasan sebesar 52,37 cm (12,62 cm sub base + 39,75cm pelat beton), sedangkan ketebalan perkerasan pada jenis perkerasan lenturyang sudah ada pada Bandar Udara Internasional Adi Soemarmo Solo sebesar 99cm (35 cm sub base + 30 cm base course + 34 cm surface)

R Runway pavement is the most important component of landing or takeoffaircraft. With this, study has been conducted to obtain new pavement thicknessto minimize maintenance from runway pavement, which is to be rigid pavement.The study using the ACN-PCN method aims to obtain the thickness of the rigidpavement of the Adi Soemarmo International Airport runway by using a criticalaircraft operating in the Airbus 330-300 type. The results of the annual departurestudy in 2017 obtained the design of the aircraft's annual equivalent flightequivalent of 3.206 aircraft movements and pavement thickness of 52,37 cm(12,62 cm sub base + 39,75 cm slab concrete), while the pavement thickness ofthe type existing flexible pavement at Adi Soemarmo International Airport is 99cm (35 cm sub base + 30 cm base course + 34 cm surface

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?