Hubungan lama berkendara dengan keluhan nyeri bahu pada pengemudi ojek online
L Latar belakang : Nyeri bahu paling banyak ditemukan di tempat kerja, terutama pada mereka yang beraktivitas dengan posisi tangan yang salah. Prevalensi nyeri bahu pada pemandu seperti supir, pengendara sepeda motor, atau penarik becak lebih tinggi dibanding pekerjaan-pekerjaan lain. Lama berkendara menyebabkan posisi tangan yang statis merupakan faktor pemicu tidak langsung terjadinya nyeri bahu menarik minat peneliti untuk melakukan penelitian dengan judul “Hubungan lama berkendara dengan keluhan nyeri bahu pada pengemudi ojek onlineâ€. Tujuan penelitian : Mengetahui adanya hubungan antara lama berkendara danposisi ergonomis yang tidak baik dengan keluhan nyeri bahu pada pengemudi ojek online. Metode : Penelitian ini merupakan studi observasional analitik dengan pendekatan Cross sectional. Lama berkendara diukur dengan menggunakan kuesioner Quick Exposure Check (QEC) sedangkan nyeri bahu dan posisi ergonomis diukur dengan menggunakan kuesioner Modified Oswestry Low Back Pain Disability Questionnaire. Hasil : Analisis uji chi-square, menunjukan terdapat hubungan antara lama berkendara dan nyeri bahu dengan nilai p sebesar 0,041 dan hubungan posisi ergonomis dengan nyeri bahu dengan nilai p sebesar 0,000. Kesimpulan : Terdapat hubungan antara lama berkendara dan posisi ergonomis dengan keluhan nyeri bahu.
B Background: Shoulder pain is most commonly found in the workplace, especially in those who move with the wrong hand position. The prevalence of shoulder pain in guides such as drivers, motorbike riders, or rickshaw pullers is higher than other jobs. Duration of driving causes static hand positioning is an indirect trigger factor for shoulder pain attracts researchers to conduct research with the title "Long driving relationship with complaints of shoulder pain in online motorcycle taxi drivers". Research objective: To find out the relationship between long driving and ergonomic positioning that is not good with complaints of shoulder pain in online motorcycle taxi drivers. Methods: This study is an analytic observational study with a cross sectional approach. Driving duration was measured using the Quick Exposure Check (QEC) questionnaire while shoulder pain and ergonomic position were measured using the Modified Oswestry Low Back Pain Disability Questionnaire questionnaire. Results: Analysis of chi-square test, showed there was a relationship between the length of driving and shoulder pain with a p value of 0.041 and the relationship of ergonomic position with shoulder pain with a p value of 0.000. Conclusion: There is a relationship between driving duration and ergonomic position with complaints of shoulder pain.