DETAIL KOLEKSI

Perancangan ruang kerja dosen dan penataan dokumen menggunakan metode 5s di Jurusan Teknik Industri, Universitas Trisakti


Oleh : Syafa Nurul Kansa

Info Katalog

Penerbit : FTI - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2018

Pembimbing 1 : Winnie Septiani

Subyek : Interior decoration

Kata Kunci : lecturer workspace, document arrangement, 5s, office 5s audit checklist

Status Posting : Published

Status : Tidak Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2018_STA_STI_063001400105_Halaman-Judul.pdf 14
2. 2018_STA_STI_063001400105_Lembar-Pengesahan.pdf 4
3. 2018_STA_STI_063001400105_Bab-1_Pendahuluan.pdf
4. 2018_STA_STI_063001400105_Bab-2_Tinjauan-Pustaka.pdf
5. 2018_STA_STI_063001400105_Bab-3_Metodologi-Penelitian.pdf
6. 2018_STA_STI_063001400105_Bab-4_Pengumpulan-Data.pdf
7. 2018_STA_STI_063001400105_Bab-5_Usulan-dan-Evaluasi-Hasil.pdf
8. 2018_STA_STI_063001400105_Bab-6_Kesimpulan-dan-Saran.pdf
9. 2018_STA_STI_063001400105_Daftar-Pustaka.pdf 3
10. 2018_STA_STI_063001400105_Lampiran.pdf

S Setiap Dosen memiliki tugas utama terkait dengan tridharma yaitu Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian, PKM atau Pengabdian Kepada Masyarakat, dan Penunjang Tridharma. Dalam menjalankan tugasnya, dokumen yang digunakan banyak dan harus disimpan dengan rapih di ruang kerja untuk keperluan kegiatan Dosen seperti BKD (Beban Kerja Dosen) dan kepangkatan. Hasil penelitian pendahuluan menunjukkan sebanyak 62.5% Dosen menyatakan kesulitan dalam menyimpan dokumen di ruang kerja dan sebanyak 81.25% menyatakan perlu adanya perbaikan di ruang kerja. Penelitian ini bertujuan untuk merancang ruang kerja Dosen dan penataan dokumen menggunakan metode 5S. Penelitian diawali dengan penguraian aktivitas Dosen dan pengelompokkan dokumen, perancangan ruang kerja yang menghasilkan layout perbaikan ruang kerja Dosen, perancangan fasilitas penyimpanan dokumen yang menghasilkan produk penyimpanan dokumen yang sesuai dengan kebutuhan, identifikasi kondisi awal ruang kerja, penerapan 5S dan evaluasi hasil rancangan menggunakan Office 5S Audit Checklist yang menghasilkan nilai skor, rating 5S, dan radar chart tiap aspek. Penelitian ini menghasilkan penataan dokumen yang tersusun rapih berdasarkan prinsip 5S, layout ruang kerja Dosen, rancangan lemari dengan kriteria biaya yang tidak terlalu mahal, ukuran dan desain disesuaikan dengan ukuran ruangan, antropometri, dan dokumen yang akan disimpan, material mudah dibersihkan, dan dapat digunakan sebagai operasional Dosen. Hasil penilaian performansi 5S di ruang kerja Dosen sebelum penerapan 5S diperoleh skor rata-rata sebesar 56,83 dengan kategori rating fair, dan setelah penerapan 5S skor rata-rata menjadi 92 dengan kategori rating excellent yang menunjukan peningkatan sebesar 61,77%. Diharapkan penelitian ini dapat mempermudah Dosen dalam meminimalisir kesulitan dalam menata dan menyimpan dokumen di ruang kerja.

E Each lecturer has the main duty related to the Tridharma of Education and Teaching, Research, CM or Community Service, and Tridharma Support. In carrying out their duties, the documents used are many and should be stored neatly in the workspace for the purposes of Lecturer activities such as LD (Lecturer Workload) and rank. Preliminary research results indicate as much as 62.5% of the lecturer expressed difficulties in storing documents in the workspace and 81.25% stated that they needed an improvement in the work space. This study aims to design the Lecturers workspace and document layout using the 5S method. The research begins with the decomposition of Lecturers activities and grouping of documents, workspace design resulting in layout of Lecturer workspace improvement, design of document storage facilities gives out document storage products that suit the needs, identification of the initial conditions of the workspace, 5S and evaluation of design results using the Office 5S Audit Checklist resulting in score scores, 5S ratings, and radar charts of each aspect. This study resulted in the arrangement of documents arranged neatly based on the 5S principle, layout Lecturer workspace, cabinet design with cost criteria that is not too expensive, size and design adjusted to the size of the room, anthroometry, and documents to be stored, the material easy to clean, and can be used as operational Lecturer. The result of the 5S performance assessment in the Lecturer's workspace before the 5S application obtained an average score of 56.83 with the rate of fair in the category, and after the application of 5S the average score became 92 with the excellent rating category which showed an increase of 61.77%. It is expected that this research can simplify lecturers in minimizing difficulties in organizing and storing documents in the work space.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?