DETAIL KOLEKSI

Perancangan desain bangunan mixed-use transit hub pada kawasan berorientasi transit (kbt) juanda dengan metode pendekatan arsitektur kontekstual


Oleh : Kinantya Nityasa Kirana

Info Katalog

Penerbit : FTSP - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2025

Pembimbing 1 : Agus Budi Purnomo

Subyek : Architecture - Designs and plans;Public spaces

Kata Kunci : Transit Oriented Development, Transit Hub, Mixed-Use Building, Contextual Architecture, Mobility.

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2025_SK_SAR_052002100025_Halaman-Judul.pdf 10
2. 2025_SK_SAR_052002100025_Surat-Pernyataan-Revisi-Terakhir.pdf 1
3. 2025_SK_SAR_052002100025_Surat-Hasil-Similaritas.pdf 1
4. 2025_SK_SAR_052002100025_Halaman-Pernyataan-Persetujuan-Publikasi-Tugas-Akhir-untuk-Kepentingan-Akademis.pdf 1
5. 2025_SK_SAR_052002100025_Lembar-Pengesahan.pdf 1
6. 2025_SK_SAR_052002100025_Pernyataan-Orisinalitas.pdf 1
7. 2025_SK_SAR_052002100025_Formulir-Persetujuan-Publikasi-Karya-Ilmiah.pdf 1
8. 2025_SK_SAR_052002100025_Bab-1.pdf 5
9. 2025_SK_SAR_052002100025_Bab-2.pdf 40
10. 2025_SK_SAR_052002100025_Bab-3.pdf 20
11. 2025_SK_SAR_052002100025_Bab-4.pdf 14
12. 2025_SK_SAR_052002100025_Bab-5.pdf 11
13. 2025_SK_SAR_052002100025_Daftar-Pustaka.pdf 1
14. 2025_SK_SAR_052002100025_Lampiran.pdf 24

P Perkembangan infrastruktur transportasi di jakarta menjadi hal terpenting untuk mendukung mobilitaspenduduk yang semakin berkembang. salah satu konsep yang diadopsi dalam pengembangan ini adalah(transit oriented development) (tod), yang mengintegrasikan berbagai moda transportasi dalamsuatu kawasan. kawasan tod juanda, yang terhubung oleh transjakarta, mikrotrans, dan commuterline, menjadi contoh penerapan konsep ini. namun, kawasan tod juanda menghadapi masalah terkaitkenyamanan, efisiensi, serta daya tarik fasilitas yang ada. untuk itu, pengembangan bangunan mixeduse yang berfungsi sebagai transit hub di kawasan ini menjadi solusi yang relevan untuk meningkatkankualitas dan efisiensi kawasan.perancangan transit hub dengan pendekatan arsitektur kontekstual diharapkan dapat mengatasimasalah yang ada, menciptakan ruang publik yang menarik, dan mendukung interaksi sosial di sekitarkawasan. tujuan utama dari perancangan ini adalah untuk meningkatkan mobilitas dan kenyamananpengguna dengan memperkuat konektivitas antar moda transportasi serta meningkatkan kualitaslingkungan kawasan. selain itu, diharapkan pembangunan ini dapat mendukung pertumbuhan ekonomilokal dan menjadikan kawasan (transit oriented development) tod juanda sebagai pusat mobilitasyang ramah lingkungan dan berkelanjutan. dengan langkah-langkah tersebut, diharapkan kawasan(transit oriented development) tod juanda tidak hanya meningkatkan mobilitas, tetapi jugaberkontribusi pada perbaikan kualitas hidup warga kota.

T The development of transportation infrastructure in jakarta is the most important thing to supportthe increasing mobility of the population. one of the concepts adopted in this development is(transit oriented development) (tod), which integrates various modes of transportation in anarea. the juanda tod area, connected by transjakarta, mikrotrans, and commuter line, is anexample of the application of this concept. however, the juanda tod area faces problems relatedto the comfort, efficiency, and attractiveness of existing facilities. for this reason, developingmixed-use buildings that function as transit hubs in this area is a relevant solution to improve thequality and efficiency of the area.transit hub design using a contextual architectural approach is expected to overcome existingproblems, create attractive public spaces, and support social interaction in the surrounding area.the main aim of this design is to increase mobility and user comfort by strengthening connectivitybetween modes of transportation and improving the quality of the regional environment. apart fromthat, it is hoped that this development can support local economic growth and make the tod juandatransit oriented development area an environmentally friendly and sustainable mobility center.with these steps, it is hoped that the juanda tod (transit oriented development) area will notonly increase mobility but also contribute to improving the quality of life of city residents.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?