DETAIL KOLEKSI

Deviasi yang timbul antara kualitas udara di pemukiman (outdoors) dengan kualitas udara di dalam rumah (indoors) di daerah pasar ikan (Jakarta Utara) dengan tolok ukur parameter debu dan CO


Oleh : Wahyu Triwidodo

Info Katalog

Penerbit : FALTL - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 1993

Pembimbing 1 : E. Budirahardjo

Pembimbing 2 : Setijati H. Ediyono

Subyek : Indoor air pollution

Kata Kunci : indoor pollution, air pollutants, kerosene fuel.

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 1993_SAL_08288016_Halaman-Judul.pdf
2. 1993_SAL_08288016_Lembar-Pengesahan.pdf
3. 1993_SAL_08288016_Bab-1_Pendahuluan.pdf
4. 1993_SAL_08288016_Bab-2_Tinjauan-Pustaka.pdf
5. 1993_SAL_08288016_Bab-3_Metodologi-Penelitian.pdf
6. 1993_SAL_08288016_Bab-4_Hasil-Penelitian.pdf
7. 1993_SAL_08288016_Bab-5_Pembahasan.pdf
8. 1993_SAL_08288016_Bab-6_Kesimpulan-Dan-Saran.pdf
9. 1993_SAL_08288016_Daftar-Pustaka.pdf
10. 1993_SAL_08288016_Lampiran.pdf

A AbstrakTingkat pencemaran dalam rumah akan sangat berpengaruh terhadap kesehatan manusia yang selanjutnya akan mempengaruhi terhadap kecerdasan bangsa. Ini dikarenakan adanya polutan udara yang antara lain disebabkan oleh aktivitas manusia, faktor dari luar yang juga menyebabkan kualitas udara indoors yang rendah.Akibat dari proses masak memasak dengan menggunakan bahan bakar minyak tanah dari daerah pemukiman akan menghasilkan gas buang yang akan mempengaruhi konsentrasi kualitas udara. Oleh sebab itu parameter yang diteliti hanya parameter debu dan CO.Berdasarkan hasil dari penelitian lapangan untuk zat pencemar debu, konsentrasi rata-rata dalam ruang lebih besar daripada luar ruangan. Ini menunjukkan bahwa kualitas udara didalam ruang tersebut sangat rendah. Sedangkan untuk zat pencemar CO menunjukkan kualitas udara di dalam rumah lebih baik daripada di luar ruangan.Data-data dari hasil penelitian lapangan selanjutnya dibandingkan terhadap pengukuran secara teoritis, menunjukkan bahwa untuk zat pencemar debu besarnya konsentrasi sangat dipengaruhi oleh faktor dari luar ruangan, sedangkan untuk zat pencemar CO didominasi oleh aktivitas dari dalam ruang itu sendiri.Adapun perbedaan antara hasil penelitian lapangan dengan perhitungan secara teoritis disebabkan antara lain oleh sensitivitas dan kemampuan deteksi alat, faktor-faktor meteorology serta besarnya jumlah bahan bakar yang dipergunakan dan pengaruh emisi kendaraan bermotor dari jalan yang terdekat dengan pemukiman. Selain hal-hal tersebut juga sangat dipengaruhi oleh kondisi lingkungan di pemukiman itu serta kondisi dari alat memasak tiap rumah yang diteliti.

A AbstractThe level of pollution in the house will greatly affect human health which in turn will affect the intelligence of the nation. This is due to the presence of air pollutants which are caused by human activities, external factors which also cause low indoor air quality.As a result of the cooking process using kerosene fuel from residential areas will produce exhaust gases which will affect the concentration of air quality. Therefore, the parameters studied were only dust and CO parameters.Based on the results of field research for dust contaminants, the average concentration indoors is greater than outdoors. This shows that the air quality in the room is very low. As for CO pollutants, the air quality inside the house is better than outside.The data from the field research were then compared to the theoretical measurements, showing that for dust pollutants the concentration is strongly influenced by factors from outside, while for CO pollutants it is dominated by activities from within the space itself.The differences between the results of field research and theoretical calculations are caused, among others, by the sensitivity and ability of detecting equipment, meteorological factors as well as the large amount of fuel used and the effect of motor vehicle emissions from roads closest to settlements. In addition to these things, it is also greatly influenced by environmental conditions in the settlement and the condition of the cooking utensils in each house under study.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?