Integration of service quality, importance performance analysis and potential gain cutomer value methods to improve service quality in in flight entertainment and f & b at pt x
P Pengalaman pertama dalam penerbangan memiliki dampak yang besar pada persepsi awal penumpang terhadap sebuah maskapai, yang bisa mempengaruhi loyalitas mereka pada masa mendatang. Oleh karena itu, peningkatan kualitas layanan pada tahap ini sangat penting. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis integrasi dari ketiga metode yaitu Service Quality, Importance Performance Analysis (IPA), dan Potential Gain CustomerValue (PGCV) dalam meningkatkan pelayanan kualitas pada In Flight Entertainment (IFE) dan Food & Beverage (F&B). Metode Service Quality digunakan untuk mengevaluasi kualitas layanan saat ini pada IFE dan F & B. Metode IPA membantu melihat pentingnya atribut layanan dan menetapkan prioritas perbaikan, sementara PGCV digunakan untuk menentukan urutan atribut yang menjadi prioritas perbaikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 20 atribut dalam 5 dimensi kualitas sudah valid dan reliabel. Gap score tertinggi adalah -0,8 pada atribut 11 yaitu Update Hiburan Film,Games dan Musik pada (IFE). Terdapat 3 atribut dengan kualitas layanan rendah pada kuadran I yang menjadi prioritas perbaikan, yaitu atribut 15 berupa Kesesuaian Teknologi pada IFE, atribut 8 berupa Ketersediaan Menu Makanan dan Minuman, dan atribut 19 berupa Pemberian Informasi yang Jelas dan Konten Inspiratif pada IFE. Berdasarkan penilaian yang dilakukan oleh eksekutif perusahaan, terpilih 3 prioritas atribut untuk perbaikan dengan nilai rating tertinggi 5, yang menunjukkan tingkat setuju yang tinggiterhadap usulan perbaikan. Maka rekomendasi perbaikan yang dapat diberikan adalah dengan membuat cheklist pada cycle 1 bulan sekali dalam pengecekan software maupun hardware pesawat seperti IFE, guna mengetahui permasalahan yang terjadi pada tidak sesuainya teknologi yang digunakan dalam IFE pesawat. Dengan demikian, diharapkan rekomendasi ini dapat meningkatkan kesan dan kepuasan penumpang pada pengalaman penerbangan pertama mereka, yang akan memperkuat loyalitas penumpang terhadap maskapai penerbangan di masa mendatang.Kata Kunci : In Flight Service, Service Quality, Importance Performance Analysis (IPA), Potential Gain Customer Value (PGCV)
T The first in-flight experience has a great impact on passengers\\\' initial perception ofan airline, which can affect their future loyalty. Therefore, improving servicequality at this stage is very important. This study aims to analyze the integration ofthe three methods namely Service Quality, Importance Performance Analysis(IPA), and Potential Gain Customer Value (PGCV) in improving service quality inIn Flight Entertainment (IFE) and Food & Beverage (F&B). The Service Qualitymethod is used to evaluate the current service quality in IFE and F&B. The IPAmethod helps to see the importance of service attributes and set improvementpriorities, while PGCV is used to determine the order of attributes that areprioritized for improvement. The results showed that 20 attributes in 5 qualitydimensions were valid and reliable. The highest gap score is -0.8 on attribute 11,namely Entertainment Updates on Movies, Games and Music on (IFE). There are 3attributes with low service quality in quadrant I that are prioritized forimprovement, namely attribute 15 in the form of Technology Suitability in IFE,attribute 8 in the form of Food and Beverage Menu Availability, and attribute 19 inthe form of Providing Clear Information and Inspirational Content in IFE. Basedon the assessment conducted by company executives, 3 priority attributes wereselected for improvement with the highest rating value of 5, which indicates a highlevel of agreement with the proposed improvements. So the improvementrecommendation that can be given is to make a checklist on a 1-month cycle inchecking aircraft software and hardware such as IFE, in order to find out theproblems that occur in the inappropriate technology used in aircraft IFE. Thus, it ishoped that this recommendation can improve the impression and satisfaction ofpassengers on their first flight experience, which will strengthen passenger loyaltyto airlines in the future.Keywords : In Flight Service, Service Quality, Importance Performance Analysis(IPA), Potential Gain Customer Value (PGCV)