DETAIL KOLEKSI

Faktor-faktor yang mempengaruhi likuiditas pada perusahaan barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia


Oleh : Viska

Info Katalog

Nomor Panggil : 022001702023

Penerbit : FEB - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2021

Pembimbing 1 : Susy Muchtar

Subyek : Finance - Management

Kata Kunci : exchange rate, firm size, gross domestic product, inflation rate, interest rate, leverage, liquidity

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2021_TA_SMJ_022001702023_Halaman-Judul.pdf 11
2. 2021_TA_SMJ_022001702023_Lembar-Pengesahan.pdf 6
3. 2021_TA_SMJ_022001702023_Bab-1-Pendahuluan.pdf 8
4. 2021_TA_SMJ_022001702023_Bab-2-Tinjauan-Pustaka.pdf
5. 2021_TA_SMJ_022001702023_Bab-3-Metode-Penelitian.pdf
6. 2021_TA_SMJ_022001702023_Bab-4-Analisis-dan-Pembahasan.pdf
7. 2021_TA_SMJ_022001702023_Bab-5-Kesimpulan.pdf
8. 2021_TA_SMJ_022001702023_Daftar-Pustaka.pdf 5
9. 2021_TA_SMJ_022001702023_Lampiran.pdf

P Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor apa saja yangmempengaruhi likuiditas di perusahaan industri barang konsumsi. Variabel dependenyang digunakan dalam penelitian ini adalah liquidity. Sedangkan variabel independenyang digunakan adalah firm size, profitability (ROA, ROE), leverage, gross domesticproduct, inflation rate, interest rate, exchange rate. Sampel yang digunakan ialahsebanyak 38 perusahaan industri barang konsumsi selama lima tahun dari 20152019. Jenis data yang digunakan berupa data sekunder. Teknik pengambilan sampelyang digunakan adalah purposive sampling method. Model analisis data yangdigunakan adalah regresi data panel. Dari hasil penelitian didapatkan bahwaprofitability yang diukur dengan menggunakan return on asset, return on equityberpengaruh positif terhadap liquidity dan leverage berpengaruh negatif terhadapliquidity. Sedangkan firm size, gross domestic product, inflation rate, interest ratedan exchange rate tidak berpengaruh terhadap liquidity. Perusahaan sebaiknya lebihmemperhatikan kemampuan likuiditasnya dengan berhati-hati dalam melakukanpengelolaan hutang dan memperlancar penerimaan piutang karena jika tidakdiperhatikan dapat memicu terjadinya kebangkrutan, menghilangkan kepercayaansupplier dan bank.

T This study aims to examine factors affect liquidity in consumer goods industrycompanies. The dependent variable used in this study is liquidity. While theindependent variables are firm size, profitability (ROA, ROE), leverage, grossdomestic product, inflation rate, interest rate and exchange rate. The sample used is38 consumer goods industrial companies for five years from 2015 - 2019. The typeof data used is secondary data. The sampling technique used is purposive samplingmethod. The data analysis model used is panel data regression. From the researchresults, it is found that profitability as measured by return on assets, return on equityhas a positive effect on liquidity and leverage has a negative effect on liquidity.Meanwhile, firm size, gross domestic product, inflation rate, interest rate andexchange rate have no effect on liquidity. Companies should pay more attention totheir liquidity capabilities by being careful in managing debt and expedite the receiptof receivables because if they are not paid attention to it can trigger bankruptcy,eliminating the trust of suppliers and banks.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?