DETAIL KOLEKSI

Analisis pengaruh jarak dan waktu terhadap penurunan temperatur aspal campuran panas

2.8


Oleh : Fachturrahman

Info Katalog

Penerbit : FTSP - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2021

Pembimbing 1 : Budi Hartanto Susilo

Subyek : Asphalt

Kata Kunci : temperature, travel time, delay, range

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2021_TA_STS_051001400031_Halaman-Judul.pdf 9
2. 2021_TA_STS_051001400031_Lembar-Pengesahan.pdf
3. 2021_TA_STS_051001400031_Bab-1_Pendahuluan.pdf 3
4. 2021_TA_STS_051001400031_Bab-2_Tinjauan-Pustaka.pdf
5. 2021_TA_STS_051001400031_Bab-3_Metodologi-Penelitian.pdf
6. 2021_TA_STS_051001400031_Bab-4_Analisis-dan-Pembahasan.pdf
7. 2021_TA_STS_051001400031_Bab-5_Kesimpulan.pdf
8. 2021_TA_STS_051001400031_Daftar-Pustaka.pdf
9. 2021_TA_STS_051001400031_Lampiran.pdf

J Jalan merupakan salah satu prasarana dalam transportasi darat (Susilo, 2014). Aspal adalah komponen penunjang jalan yang sangat lazim ditemui pada setiap jalan, dalam pelaksanaannya temperatur aspal campuran panas sangat diperhatikan pada saat akan dihampar. Oleh karena itu, penelitian ini dengan judul “ANALISIS PENGARUH JARAK DAN WAKTU TERHADAP PENURUNAN TEMPERATUR ASPAL CAMPURAN PANAS” ditujukan untuk membahas faktor-faktor yang mempengaruhi penurunan temperatur pada aspal campuran panas ketika tiba di lokasi hampar, antara lain adalah jarak dan waktu perjalanan dalam proses pengiriman sehingga dapat menentukan rute yang optimum agar temperatur aspal campuran panas memenuhi persyaratan minimum Spesifikasi Teknis dan Spesifikasi Khusus Jalan Bebas Hambatan dan Jalan Tol Seksi 9.07(3). Aspal campuran panas yang digunakan adalah lapisan antara atau Asphalt Concrete - Binder Course (AC-BC) produksi PT. Aston Prima Raya untuk lokasi penghamparan pada proyek pembangunan Jalan Tol Cibitung - Cilincing oleh PT. Waskita Karya (persero) yang menggunkanan 2 rute pengiriman yaitu rute 1 adalah rute Non-Tol dengan jarak pengiriman 47 km dan rute 2 adalah rute Tol dengan jarak pengiriman adalah 58 km. Dari hasil analisis dari kedua rute tersebut didapatkan selisih penurunan temperatur aspal (ΔT) terbesar adalah pengiriman yang dilakukan sore hari pada rute 2 yang berjarak 58 km dengan waktu perjalanan 3 jam 20 menit sebesar 13,67 ˚C dan selisih penurunan temperatur aspal (ΔT) terkecil adalah pengiriman yang dilakukan siang hari pada rute 1 yang berjarak 47 km dengan waktu perjalanan 2 jam 56 menit sebesar 7,67 ˚C. Faktor yang sangat mempengaruhi penurunan temperatur aspal campuran panas adalah waktu pengiriman, jarak antara AMP dan lokasi hampar, waktu perjalanan dan tundaan, cuaca, kerapatan terpal penutup material aspal.

T The road is one of the infrastructure in land transportation (Susilo, 2014). Asphalt is a road support component that is very common on every road. In its implementation, the temperature of hot mix asphalt is very important when it is laid. Therefore, the ANALYSIS OF THE EFFECT OF DISTANCE AND TIME ON TEMPERATURE REDUCTION OF HOT MIXED ASPHALT is aimed at discussing the factors that influence the temperature drop in hot mix asphalt when arriving at the stretch, among others, the distance and delivery time in the delivery process so as to determine the optimum route so that the temperature of the hot mix asphalt meets the minimum requirements of Technical Specifications and Special Specifications for Freeway and Toll Road Section 9.07 (3). The hot mix asphalt used is the intermediate layer or Asphalt Concrete - Binder Course (AC-BC) produced by PT. Aston Prima Raya for the overlay location on the Cibitung - Cilincing Toll Road construction project by PT. Waskita Karya (Persero) uses 2 delivery routes, namely, Route 1 is a Non-Toll route with a delivery distance of 47 km and Route 2 is a Toll route with a delivery distance of 58 km. From the results of the analysis of the two routes, the largest difference in asphalt temperature reduction (ΔT) is the delivery made in the afternoon on route 2 which is 58 km away with a delivery time of 3 hours 20 minutes of 13.67 ˚C and the difference in decreasing asphalt temperature (Δ T) the smallest is delivery made during the day on route 1 which is 47 km away with a delivery time of 2 hours 56 minutes at 7.67 ˚C. The factor that greatly affects the temperature reduction of the hot mix asphalt is the delivery time, the distance between AMP and stretch location, travel time and delay, weather, density of cover asphalt material .

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?