Optimalisasi kinerja pelayanan bongkar muat curah kering pada dermaga 5A di Pelabuhan Ciwandan
P Pelabuhan Ciwandan adalah salah satu pelabuhan yang terbesar di Banten. Seiringdengan meningkatnya pertumbuhan ekonomi, pelabuhan Ciwandan memiliki berbagaimacam kegiatan bongkar muat. Pemanfaatan penggunaan pelabuhan sangatberpengaruh terhadap kinerja pelayanan dan kepuasan pelanggan terhadap kinerjapelabuhan yang cepat dan effisien. Oleh karena itu perlunya optimalisasi kinerjadermaga berdasarkan tahun 2018 terhadap fasilitas dermaga (BOR), waktu efektif diDermaga dan sampai kapan dermaga dapat dimanfaatkan dan peninjauan hanyadikhususkan dermaga 5A bongkar muat curah kering. Dari hasil perhitungan didapatkannilai ET/BT pada tahun 2018 sebesar 91% > 80% bahwa kinerja pelayanan di Dermaga5A sangat baik dan efektif dalam melakukan kegitan bongkar muat di lapangan. Untuknilai BOR pada tahun 2018 sebesar 25.65% < 70% dengan panjang dermaga (403meter), maka nilai BOR pada tahun 2018 fasilitas yang ada di dermaga 5A masih dapatdigunakan secara optimal dalam penggunaannya. Pada hasil prediksi yang dilakukanmenggunakan forecasting di SPSS (Statical Package for the Social Sciences) denganmetode logarithmic dihasilkan nilai BOR dari tahun ke tahun hanya mengalami sedikitpeningkatan untuk mendapatkan nilai BOR > 70% dibutuhkan waktu yang sangat lamasehingga penggunaan dermaga 5A menjadi over investasi untuk itu penggunaandermaga 5A harus meningkatkan jumlah kapal yang tambat di dermaga 5A,pemanfaatan dermaga agar produktifitas bongkar muat meningkat.
C Ciwandan Port is one of the largest ports in Banten. Along with economicgrowth, Ciwandan port has a variety of loading and unloading activities. Theefficiency of port use is very important for service performance and customersatisfaction with fast and efficient port performance. Therefore the need foroptimizing dock performance in 2018 against dock facilities (BOR), the effectivetime at the Jetty and when the pier can be utilized and the review is only specificallypier 5A loading and unloading dry bulk. From the calculation results, the value ofET / BT in 2018 was 91%> 80% that the service performance at Pier 5A was verygood and effective in carrying out loading and unloading activities in the field. Forthe value of BOR in 2018 amounting to 25.65% <70% with the length of the pier(403 meters), then the value of the BOR in 2018 facilities at pier 5A can still beused optimally in its use. On the results of predictions made using forecasting inthe Logistic Package SPSS (Static Package for the Social Sciences) method, theBOR value from year to year resulted in only a slight increase to get a BOR valueof> 70%. For this reason, the use of pier 4 must increase the number of mooringvessels at pier 5A, to use the pier so that the productivity of loading and unloadingincreases.