Peranan desain komunikasi visual dalam pengenalan tokoh wayang golek pandawa dan punakawan
P Penulisan ini dilatarbelakangi oleh kepentingan pembelajaran desain khususnya perancangan buku dari Tokoh Wayang Golek Pandawa dan Punawan. Melalui penulisan karya ilmiah pengantar tugas akhir ini, peneliti diharapkan dapat merancang visual yang tepat sesuai Masalah umum pembuatan penulisan inimengenai bagaimana perancangan visual dan pembuatan karakter Pandawa dan Punawan yang menarik dan bersifat positif. Melalui penulisan ini, pemecahan masalah dilakukan dengan metode deskriptif, melalui penelitian kualitatif, serta menggunakan pendekatan desain komunikasi visual. Adapun yang dipaparkan pada penulisan ini untuk menyelesaikan masalah yang ada, dengan membuat visual dari karakter tokoh Pandawa dan Punawan untuk memperkenalkan tokoh wayang golek melalui media Coffe book table. Dan target pemasaran yaitu anak muda sebagai target primer dan orang dewasa sebagai target sekunder
T The writing is motivated by the interests of instructional design, especially the design of the book People Marionette Puppet Pandavas and Punawan. Through writing scientific papers introduction to this thesis, the researcher is expected to design a visually appropriate general problem of making writing inimengenai how visual design and manufacture of the Pandavas and Punawan characters are interesting and positive. Through this writing, problem solving is done with descriptive method, through qualitative research, as well as the use of visual communication design approach. As described in this paper to resolve the existing problems, by making a visual representation of the character of the Pandavas and Punawan to introduce a puppet figures through media Coffe table book. And marketing target is young people as the primary target and adults as a secondary target.