Pengaruh pengungkapan corporate social responsibility, kebijakan dividen, profitabilitas dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2017
P Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh pengungkapan corporate social responsibility, kebijakan dividen, profitabilitas dan ukuran perusahaan. Data yang digunakan merupakan data sekunder yang di dapat dari Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini dilakukan pada perusahaan manufaktur yang telah terdaftar di Bursa Efek Indonesia dari tahun 2015-2017.Metode analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah analisis linier berganda. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Variabel independen dalam penelitian ini adalah pengungkapan corporate social responsibility, kebijakan dividen, profitabilitas dan ukuran perusahaan. Variabel dependen yang digunakan dalam penelitian ini adalah nilai perusahaan.Sampel pada penelitian ini sebanyak 81 perusahaan dari periode 2015-2017. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengungkapan corporate social responsibility tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, sedangkan kebijakan dividen dan profitabilitas berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan. Variabel ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan.
T This study aims to analyze the effect of corporate social responsibility disclosure, dividend policy, profitability and company size. The data used is secondary data obtained from the Indonesia Stock Exchange. This research was conducted at manufacturing companies that have been listed on the Indonesia Stock Exchange from 2015-2017.The analytical method used to test the hypothesis in this study is multiple linear analysis. Determination of samples using purposive sampling technique. The independent variables in this study are disclosure of corporate social responsibility, dividend policy, profitability and company size.The dependent variable used in this study is firm value.The sample in this study was 81 companies from the period 2015-2017. The results of the study show that disclosure of corporate social responsibility does not affect the value of the company, while dividend policy and profitability have a positive effect on firm value. The variable size of the company does not affect the value of the company.