Faktor-faktor yang mempengaruhi transfer pricing pada perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia Tahun 2012-2016
P Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan dan menganalisis pengaruh pajak, kepemilikan asing, ukuran perusahaan, dan tunneling incentive terhadap transfer pricing. Populasi pada penelitian ini adalah 140 perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2012-2016. Berdasarkan metode purposive sampling, sampel yang diperoleh sebanyak 55 perusahaan. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data sekunder. Kriteria perusahaan yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan multinasional. Penelitian ini menggunakan alat statistika regresi logistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel pajak dan kepemilikan asing berpengaruh signifikan positif terhadap transfer pricing, ukuran perusahaan berpengaruh signifikan negatif terhadap transfer pricing, dan tunneling incentive tidak berpengaruh terhadap transfer pricing.
T The aim of this research is to prove and analyze the influence of tax, foreign ownership, firm size and tunneling incentive on transfer pricing. The population of this research is 140 manufacturing companies that are listed in Indonesia Stock Exchange from 2012-2016 observations. The criteria of company used in this research are a multinational company. Sample selection is using purposive sampling with final sample 55 companies. This research uses logistic regression as the statistical tool. The result shows that tax and foreign ownership have a significantly positive influence on transfer pricing. Meanwhile, firm size has a significantly negative influence, and tunneling incentive does not have an influence on transfer pricing.