DETAIL KOLEKSI

Konversi energi : perbandingan kinerja mesin berbahan bakar CNG dengan premium pada mesin 1500cc dan emisinya


Oleh : Leonard Parhusip

Info Katalog

Penerbit : FTI - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2011

Pembimbing 1 : Senoadi

Pembimbing 2 : M. Hafnan

Subyek : Liquefied natural gas;Natural gas - well compltion;Gas fuels - gas engines;Gas fuel analysis - chemical analysis

Kata Kunci : performance comparison, cng, fueled engines.

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2011_TA_MS_06106016_Halaman-Judul.pdf 19
2. 2011_TA_MS_06106016_Bab-1.pdf 6
3. 2011_TA_MS_06106016_Bab-2.pdf
4. 2011_TA_MS_06106016_Bab-3.pdf
5. 2011_TA_MS_06106016_Bab-4.pdf
6. 2011_TA_MS_06106016_Bab-5.pdf
7. 2011_TA_MS_06106016_Daftar-Pustaka.pdf 1
8. 2011_TA_MS_06106016_Lampiran.pdf

C CNG (Compresed Natural Gas) adalah gas alam yang dikompresikan dan disimpan dalam dalam tabung pada tekanan 200-250 bar. Komposisi dari CNG adalah metana (CH4) sebesar 95,03%, etana (C2H6) sebesar 2,23%, propana (C3H8) sebesar 0,29%, karbon dioksida (CO2) sebesar 1,75% dan nitrogen (N2) sebesar 0,68%.Pemakaian bahan bakar gas untuk motor bensin dapat dilakukakan dengan menambahkan peralatan yang disebut conversion kit. Namun penggunaannya masih terbatas karena adanya kendala terhadap performa motor. Salah satu penyebabnya adalah terlalu sedikitnya bahan bakar gas yang masuk ke intake manifold dan specifity garavity dari bahan bakar gas 0,562 kg/dm3 lebih rendah jika dibandingkan dengan bahan bakar premium yaitu 0,728 kg/dm3, hal ini menyebabkan katup gas hanya terbuka sedikit pada kondisi idle dan udara yang masuk bersama-sama dengan bahan bakar gas tidak dapat melakukan pembakaran secara sempurna.

C CNG (Compresed Natural Gas) is natural gas compressed and stored in the tube at a pressure of 200-250 bar. The composition of the CNG is methane (CH4) of 95.03%, ethane (C2H6) of 2.23%, propane (C3H8) of 0.29%, carbon dioxide (CO2) of 1.75% and nitrogen (N2) of 0.68%.The use of gas fuel for motor gasoline can be done by adding equipment called a conversion kit. But its use is still limited because of constraints on motor performance. One possible cause is too little fuel gas into the intake manifold and specifity of the fuel gas garavity 0.562 kg/dm3 lower when compared with premium fuel is 0.728 kg/dm3, this causes the gas valve only partially open at idle and the incoming air together with fuel gas combustion can not perform perfectly.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?