DETAIL KOLEKSI

Peran trust dalam memediasi pengaruh viral marketing terhadap purchase behavior


Oleh : Rachmat Hidayat

Info Katalog

Penerbit : FEB - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2024

Pembimbing 1 : Aekram Faisal

Pembimbing 2 : Mahasiswa

Subyek : Trust;Marketing

Kata Kunci : marketplace, viral marketing, trust, purchase behavior.

Saat ini file hanya dapat diakses dari perpustakaan.

Status : Lengkap

P Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pemasaran viral (viral marketing) yang diterapkan pada platform marketplace. Studi ini secara empiris menyelidiki peran viral marketing untuk mengikat kepercayaan (trust) dan pada akhirnya mempengaruhi purchase behavior. Penelitian ini dilakukan pada individu yangpernah berbelanja online di marketplace paling sedikit tiga kali dalam tiga bulan terakhir. Google form digunakan guna menghimpun data penelitian. Sampel penelitian ini sebanyak 212 responden dengan menggunakan teknik purposive sampling. Purposive sampling ialah metode pengambilan sampel yang dipakai pada penelitian ini. Structural Equation Model (SEM) adalah instrumen yang dipakai sebagai alat analisis data. Hasil penelitian ini menarik simpulan hubungan viral marketing dengan purchase behavior berpengaruh positif, viral marketing dengan trust berpengaruh positif, trust dengan purchase behavior berpengaruh postif, viral marketing dengan purchase behavior yang dimediasi oleh trust berpengaruh positif.

T This study aims to analyse viral marketing strategies applied to marketplace platforms. This study empirically investigates the role of viral marketing to bind trust and ultimately influence purchase behaviour. This research was conducted on individuals who have shopped online at a marketplace at least three times in the lastthree months. Google forms were used to collect research data. The sample of this study was 212 respondents using purposive sampling technique. Purposive sampling is the sampling method used in this study. Structural Equation Model (SEM) is the instrument used as a data analysis tool. The results of this study concluded that the relationship between viral marketing and purchase behaviour has a positive effect, viral marketing with trust has a positive effect, trust with purchase behaviour has a positive effect, viral marketing with purchase behaviour mediated by trust has a positive effect.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?