DETAIL KOLEKSI

Analisis kekuatan lapis tanah dasar dengan metode dynamic cone penetrometer untuk jalanan tanah daerah situ gadung, kecamatan pagedangan


Oleh : Adita Novela

Info Katalog

Penerbit : FTKE - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2024

Pembimbing 1 : Imam Setiaji Ronoatmojo

Pembimbing 2 : Himmes Fitra Yuda

Kata Kunci : dynamic cone penetrometer, california bearing ratio, subgrade, dirt road, soil, subgrade soil stren.

Status Posting : Published

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2024_SK_STG_072001900002_Halaman-Judul.pdf
2. 2024_SK_STG_072001900002_Surat-Pernyataan-Revisi-Terakhir.pdf 1
3. 2024_SK_STG_072001900002_Surat-Hasil-Similaritas.pdf 1
4. 2024_SK_STG_072001900002_Halaman-Pernyataan-Persetujuan-Publikasi-Tugas-Akhir-untuk-Kepentingan-Akademis.pdf 1
5. 2024_SK_STG_072001900002_Lembar-Pengesahan.pdf 1
6. 2024_SK_STG_072001900002_Pernyataan-Orisinalitas.pdf 1
7. 2024_SK_STG_072001900002_Formulir-Persetujuan-Publikasi-Karya-Ilmiah.pdf 1
8. 2024_SK_STG_072001900002_Bab-1.pdf
9. 2024_SK_STG_072001900002_Bab-2.pdf
10. 2024_SK_STG_072001900002_Bab-3.pdf
11. 2024_SK_STG_072001900002_Bab-4.pdf
12. 2024_SK_STG_072001900002_Bab-5.pdf
13. 2024_SK_STG_072001900002_Daftar-Pustaka.pdf
14. 2024_SK_STG_072001900002_Lampiran.pdf

J Jalan merupakan sarana transportasi bidang darat penting yang bisaterkoneksinya satu tempat ke tempat lainnnya guna kepentingan barang dan jasaperekonomian suatu daerah. Oleh sebab itu, tingkat baik buruknya sistemperkerasan pada jalan perlu diperhatikan dengan cara menganalisis KekuatanLapis Tanah Dasar (Subgrade) sebab pada bagian ini semua beban kendaraanataupun lapis perkerasan pondasi di atas kemudian akan tersalurkan menuju tanahdasar. Kerusakan jalan yang selama ini sering dijumpai dikarenakan sering minimsebuah data subgrade pokok dari Dynamic Cone Penetrometer (DCP) dan jenismerupakan tanah lempung. DCP ini merupakan metode evaluasi potensi kekuatanmaterial lapis tanah dasar, jenis tanah, materialnya, serta memberi informasi atastingkat sistem perkerasan kekakuan tanah untuk kepentingan ruas jalan. Tujuandari penelitian ini yaitu, mengetahui nilai kriteria kekuatan tanah dasar denganalat DCP, meninjau evaluasi tingkat kekuatan lapis tanah dasar untuk uji lapanganjalan tanah beserta jenis tanah dan material, menentukan batas konsistensi tanah,serta swelling, dan membuat pemetaan geologi teknik. Metode penelitiandilakukan dengan DCP guna menganalisis evaluasi kekuatan tanah dasar jalan.Dikorelasikannya parameter data-data lain untuk melihat hubungan dengan dataDCP. Pada daerah penelitian ini diketahui memiliki tingkat konsistensi tanahplastisitas tanah yang tinggi, kohesi, dan tanah lempung dengan nilai PL (PlasticLimit) sebesar 28,85-48%. Kemudian dari data konsitensi tanah ini, didapat juganilai indeks plastisitas (PI) yang memiliki harga 25,15-36,82%. Maka plastisitastanah indeks mempunyai plastisiti yang tinggi, mempunyai sifat kohesif serta tipetanah lempung sehingga buruk untuk konstruksi jalan di atasnya. Selanjutnyauntuk data nilai potensi pengembangan tanah lempung eskpansif diketahui adalahsangat tinggi-tinggi dikorelasikan dengan data PI sehingga juga buruk. Kemudianuntuk data pokok akhir berupa data DCP daerah penelitian didapat sebesar5,05-5,55% dengan soil type lempung termasuk juga materil buruk/rendah,dengan hasil DPI rata-rata 34mm/tumbukan menunjukan kekakuan tanah lunak.

R Roads are an important means of land transportation that can connectone place to another for the benefit of regional economic goods and services.Therefore, it is necessary to pay attention to the level of good and bad of thepavement system on the road by analyzing the strength of the subgrade because inthis section all the vehicle loads or foundation layers above will then bechanneled to the subgrade. The road damage that has often been encountered isdue to the lack of basic subgrade data from the Dynamic Cone Penetrometer(DCP) and the type is highly expansive clay soil. DCP is a method of evaluatingthe potential strength of the subgrade material, soil type, material, and providesinformation on the level of soil stiffness of the pavement system for the benefit ofroad sections. The objectives of this research are to determine the DCP valueusing the DCP method, review the evaluation of the strength level of the subgradefor field tests of dirt roads along with the type of soil and material, determine thesoil consistency limits, as well as the potential for clay soil expansion/swellingcapacity, and create engineering geological map. The research method wascarried out with DCP to see the evaluation of subgrade DCP data. Correlation ofother data parameters to see the relationship with DCP data. This research areais known to have a high level of soil plasticity, cohesion soft and mushy, and claysoil consistency with a PL value of 28.85-48%. Then from this soil consistencydata, the plasticity index (PI) value was also obtained which had a value of25.15-36.82%. Therefor, the soil plasticity index has high plasticity, has cohesivesoft flabby properties and the soil type is clay so it is bad for road construction onit. Furthermore, the data on the potential value of expansive clay soil development(swelling) is known to be very highly correlated with the PI data so it is also poor.Then the final main data in the form of DCP data for the research area was foundto be 5.05-5.55% with a clay soil type which is including poor/low material, withDPI result is 34mm/blow on average indicating that the soil type is soft on rigid.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?