Evaluasi azimuth landas pacu Bandar Udara Internasional Radin Inten II Lampung dengan metode wind rose
B Bandar Udara Internasional Radin Inten II, terletak di Jl. Lintas Sumatra No.758,Hadayung, Kecamatan Natar, Kabupaten Lampung Selatan. Kabupaten LampungSelatan merupakan daerah tropis yang memiliki kelembaban dan suhu udara yangtinggi yang mengakibatkan rendahnya tekanan udara pada daerah ini. Tujuan daripenelitian ini adalah mengevaluasi azimuth landas pacu Bandar Udara InternasionalRadin Inten II pada tahun 2021 dengan menggunakan data angin tahun 2019 dan2020 yang diperoleh dari NOAA. Selain itu, penelitian ini bertujuan untukmengetahui besarnya cross wind yang terjadi di landas pacu bandar udara agaroperasi penerbangan dapat terlaksana dengan aman. Penelitian ini dilakukandengan menggunakan metode wind rose. Penelitian dilakukan dengan menganalisisangin pada dua tahun terakhir dalam periode waktu empat kali dalam sehari atausetiap enam jam sekali. Setelah data angin diolah dalam bentuk excel dan sudahdidapatkan besar angin dalam besaran knots dan arah angin dalam besaran derajat,kemudian diolah menggunakan aplikasi WRPLOT untuk menghasilkan gambarwind rose, sehingga gambar wind rose tersebut memperoleh sudut atau azimuthlandas pacu Bandar Udara Internasional Radin Inten II dan dibandingkan dengandata azimuth landas pacu Bandar Udara Internasional Radin Inten II pada saat ini.Hasil dari penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa landas pacu saat ini tetapdapat beroperasi karena tidak terjadi perubahan arah angin dominan yang drastisyaitu deviasi sebesar 5.0° dari arah angin dominan dengan cross wind sebesar 4.08knots sampai 7.00 knots pada tahun 2019 dan 2020.
R Radin Inten II International Airport, located on Jl. Lintas Sumatra No.758, Hadayung, Natar District, South Lampung Regency. South Lampung Regency is a tropical area that has high humidity and air temperature which results in low air pressure in this area. The purpose of this study is to evaluate the runway azimuth of Radin Inten II International Airport in 2021 using wind data for 2019 and 2020 obtained from NOAA. In addition, this study aims to determine the amount of crosswind that occurs at the airport runway so that flight operations can be carried out safely. This research was conducted using the wind rose method. The research was conducted by analyzing the wind in the last two years in a period four times a day or every six hours. After the wind data is processed in excel form and the wind size is obtained in knots and the wind direction is in degrees, then it is processed using the WRPLOT application to produce a wind rose image so that the wind rose image obtains the angle or azimuth of the runway at Radin Inten II International Airport. and compared with the current runway azimuth data of Radin Inten II International Airport. The results of the research conducted indicate that the current runway can still operate because there is no drastic change in the dominant wind direction, namely a deviation of 5.0° from the dominant wind direction with a crosswind of 4.08 knots to 7.00 knots in 2019 and 2020.