Pengaruh edukasi tentang teledentistry terhadap peningkatan pengetahuan mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Trisakti : studi kuasi eksperimental pada mahasiswa angkatan 2017 (laporan penelitian)
P Penggunaan e-health semakin berkembang pada masa pandemi Coronavirus Disease 2019 (COVID-19). Untuk mengurangi resiko penularan di tempat praktik, penyedia layanan kesehatan dapat meminimalisir pertemuan tatap muka dengan melaksanakan teledentistry, menggunakan teknologi konferensi video dari jarak jauh. Pelaksanaan teledentistry merupakan perkembangan teknologi yang sangat dibutuhkan dalam pelayanan kesehatan gigi dan mulut. Oleh karena itu penting bagi mahasiswa kedokteran gigi sebagai calon dokter gigi memiliki pengetahuan yang baik tentang penerapan teledentistry pada praktik kedokteran gigi. Tujuan: Untuk melihat pengaruh edukasi tentang teledentistry terhadap peningkatan pengetahuan mahasiswa Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Trisakti (FKG Usakti). Metode: Penelitian kuasi eksperimental dengan metode one-group pretest-posttest design dilakukan pada 75 mahasiswa FKG Usakti angkatan 2017 secara daring. Responden diberi waktu selama 10 menit untuk mengisi pretest, sebelum mendapatkan penjelasan materi tentang teledentistry menggunakan media power point text. Materi yang diberikan mencakup definisi, metode, jenis dan manfaat dari teledentistry. Setelah itu responden diberi waktu selama 6 menit untuk mengisi posttest. Hasil: Dari 75 responden diperoleh rata-rata nilai pretest sebesar 7,85 (±1,658) yang meningkat menjadi 9,88 (±1,823) pada hasil posttest. Kesimpulan: Pemberian edukasi yang dilakukan berhasil membantu meningkatkan pengetahuan mahasiswa tentang teledentistry.
T The use of e-health keeps growing during the Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) pandemic. To reduce the risk of on-site transmission in dental clinic, health care providers can minimize face to face meetings by implementing teledentistry using video conferencing technology from distant. The use of teledentistry is a technological development that is needed in dental and oral health services. Therefore, it is important for dental students as future dentists to have proper knowledge about the application of teledentistry in dental practice. Purpose: To assess the effectiveness of an educational intervention about teledentistry in improving the knowledge of Faculty of Dentistry students at Universitas Trisakti. Method: A quasi-experimental research using the one-group pretest-posttest design method was conducted on 75 students of FKG Usakti class 2017. Respondents were given 10 minutes to fill out the pretest, before getting an explanation of the material about teledentistry using power point text media. The materials provided are definitions, methods, types and benefits of teledentistry. After that, respondents were given 6 minutes to fill out the posttest. Results: The mean (± standard deviation) of pretest scores of 75 students was 7,85 (±1,658), which increased to 9,88 (±1,823) on the posttest (p=0,000). Conclusion: The educational intervention proved to be effective at improving respondents’ knowledge of teledentistry.