Pengaruh karakteristik perusahaan terhadap pengungkapan corporate social responsibility (CSR) serta dampaknya terhadap reaksi investor
P Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh karakteristik perusahaan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) serta dampak pengaruh pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) terhadap reaksi investor pada perusahaan non keuangan dari semua jenis industri yang mengikuti sustainability reporting award yang ada di Indonesia. Faktor-faktor karakteristik perusahaan yang digunakan antara lain ukuran perusaaan, leverage, profil perusahaan, ukuran dewan komisaris dan konsentrasi kepemilikan. sedangkan reaksi investor diukur dengan abnormal return. pengukuran tanggung jawab sosial perusahaan didasarkan pada indeks pengungkapan Global Reporting Initiatives (GRI) 2013 yang dilihat dari laporan keberlanjutan perusahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan non keuangan dari semua jenis industri yang mengikuti sustainability reporting award yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2013-2015. Pengambilan sampel penelitian dengan purposive sampling dan didapatkan 17 perusahaan, dengan 3 tahun pengamatan. Sehingga total sampel yang diteliti adalah 51. Analisis data dilakukan dengan metode regresi linear berganda untuk model pertama dan metode regresi linear sederhana untuk model kedua. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ukuran perusahaan dan leverage berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan (CSR). Sementara itu, profil perusahaan, ukuran dewan komisaris dan konsentrasi kepemilikan tidak berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan (CSR). Pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) berpengaruh signifikan terhadap reaksi investor yang dihitung dengan abnormal return.