pengaruh organizational identification terhadap error communication melalui learning goal orientation di PT.PAM Lyonnaise Jaya cabang Jakarta Barat
T Tujuan utama dalam penelitian skripsi ini adalah untuk menganalisis pengaruh identifikasi organisasional terhadap mengkomunikasikan kesalahan melalui orientasi bertujuan belajar pada PT. PAM Lyonnaise jaya identifikasi organisasional diukur dengan menggunakan 6 (enam) buah pertanyaan yang diadopsi dari mae! dan ashfort, (1992), sedangkan mengkomunikasikan kesalahan diukur dengan menggunakan 3 (tiga) buah pertanyaan yang diadopsi dari rybowiak, (1999), dan kemudian orientasi bertujuan belajar diukur dengan menggunakan 8 (delapan) buah pertanyaan yang diadopsi dari button, (1996) metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif, menggunakan data yang didapatkan melalui wawancara langsung dengan metode membagikan kuesioner terhadap 100 orang responden. teknik analisis yang digunakan untuk menguji pengaruh identifikasi organisasinal terhadap mengkomunikasikan kesalahan melalui orientasi bertujuan belajar adalah de ngan metode SEM (structural equation model) Hasil menunjukan bahwa identifikasi organisasi memiliki pengaruh positif terhadap mengkomunikasikan kesalahan dan orientasi bertujuan belajar, baik nilai estimasi pengaruh tersebut tercantum dalam bagian analisa dan pembahasan dalam penelitian ini. Sesuai hasil penelitian yang sebelumnya pernah di lakukan hasil dalam penelitian ini juga menguatkan kembali bahwa identifikasi organisasional memiliki pengaruh positif terhadap mengkomunikasiakan kesalahan melalui orientasi bertujuan belajar, hal ini diketahui setelah melakukan uji efek tidak langsung (indirect effect) dengan nilai estimasi sebesar 0.306 uji efek tidak langsung tersebut di lakukan dengan bantuan software AMOS
T The main purpose of the study and this paper is to analyze the influence of organizational identification toward error communication through learning goal orientation at pt. pam lyonnaise jaya organizational identification was measured using a 6 (six) pieces of questions adapted from mae!and ashfort, (1992), while the error communication is measured by using a 3 (three) questions adopted fi-om rybowiak, (1999), and then learning goal orientation were measured using 8 (eight) pieces of questions adopted from the button(1996) The methodology used in this research is descriptive quantitative research methods, using data obtained through direct interviews with the method of distributing questionnaires to i 00 respondents. analytical techniques used to test the influence of organizational identification toward error communication through learning goal orientation is by method of SEM (structural equation model) Result indicates organization identification has a positive influence on error communication and learning goal orientation both the influence of the estimated value is listed in the analisis and discussion part of this research in accordance with previous research conducted in this study results also reinforce that organizational identification has a positive effect on error communication through learning goal orientation, it is known after testing an indirect effect with an estimated value for 0.306 the indirect effect were done by using AMOS