Manajemen risiko dengan perspektif junior engineer (studi kasus pada proyek pembangunan mrt jakarta fase 2a cp 202)
H Hadirnya MRT terbukti mendukung pembangunan kota yang berkelanjutan, meningkatkan kualitas hidup, dan merangsang pertumbuhan ekonomi. Karena itu, pembangunan MRT akan terus berjalan dengan cakupan wilayah yang akan terus meluas dan tentu tidak lepas dari risiko yang mungkin terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen risiko menurut perspektif junior engineer pada proyek pembangunan MRT Jakarta Fase 2A CP 202 karena pada proyek MRT kedepannya, junior engineer kemungkinan akan memiliki peran yang lebih besar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuesioner dan wawancara untuk pengumpulan data serta untuk menganalisis hasil kuesioner, digunakan metode delphi. Hasil yang diperoleh terdapat 21 variabel risiko yang mungkin terjadi; terdiri dari 16 variabel medium risk dan 5 variabel low risk yang berdampak terhadap biaya dan juga 17 variabel medium risk dan 4 variabel low risk yang berdampak terhadap waktu pada proyek pembangunan MRT Jakarta Fase 2A dengan perencanaan respon risiko paling banyak menggunakan strategi mitigasi. Dari total 21 variabel risiko, terdapat 3 variabel risiko yang memiliki perbedaan pendapat antara junior engineer dan senior engineer yang cukup signifikan.
T The presence of MRT is positively proved on empowering sustainable city development, enhancing quality of lives, and stimulate the growth of economy. Hence, MRT will be expanding to a larger scope of area and surely it will not be clear from all the risks that could happen during the construction process. The purpose of this research is to find out about junior engineer’s perspective of risk management on MRTJ Phase 2A CP 202 construction project since they might be having a bigger role in the future of MRT construction project. Questionnaire and interview method are applied to gathered the data and using the delphi method to analyze the data. The result is, there are 21 risks that could possibly happen ; which is 16 medium risks and 5 low risks that could impact the cost and also 17 medium risks and 4 low risks that could impact the schedule of MRTJ Phase 2A CP 202 construction project with the most frequently used risk response is mitigation. From the total of 21 risks, there are 3 risks that have the most significant differences between junior engineer and senior engineer.