DETAIL KOLEKSI

Kajian tingkat walkability jalur pejalan kaki berdasarkan persepsi pejalan kaki (studi kasus : koridor jl. kapten tendean, jakarta selatan)

5.0


Oleh : Galuh Larasati Estiningtyas

Info Katalog

Penerbit : FALTL - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2023

Pembimbing 1 : Marselinus Nirwan Luru

Pembimbing 2 : Herika

Subyek : Pedestrian areas

Kata Kunci : walkabilit index, walkability, Jl. Kapten Tendean, Jakarta Selatan.

Saat ini file hanya dapat diakses dari perpustakaan.

Status : Lengkap

W Walkability merupakan gambaran sejauh mana suatu jalur pejalan kaki dapat dikatakan aman dan nyaman serta memiliki kesan ramah lingkungan dan ramah pejalan kaki terhadap para pengguna jalur pejalan kaki. Hal ini berhubungan erat dengan pengalaman dan kesan masyarakat terhadap kualitas jalur pejalan kaki. Suatu kota yang walkable memiliki kriteria tingkat kenyamanan berjalan tinggi, mudah untuk mengakses ke berbagai fasilitas perkotaan dan memiliki kualitas jalur yang ramah terhadap pejalan kaki. Koridor Jl. Kapten Tendean, Jakarta Selatan termasuk kedalam jenis jalan kolektor yang menghubungkan antar pusat niaga terpadu Kuningan dengan pusat niaga terpadu SCBD. Hal ini mengakibatkan banyaknya pengguna jalur pejalan kaki yang melakukan perjalanan dengan tujuan bekerja. Meskipun banyaknya pengguna jalur pejalan kaki pada koridor ini, akan tetapi kondisi jalur yang ada tidak dalam kondisi baik sehingga jalur pejalan kaki tidak berfungsi secara maksimal. Berdasarkan hal tersebut maka perlu dikaji bagaimana tingkat walkability jalur pejalan kaki berdasarkan persepsi pejalan kaki.Pada penelitian ini, menggunakan metode pengambilan data Accidental Sampling dengan jumlah 90 responden sebagai objek penelitian yang dibagi kedalam tiga segmen. Metode analisis yang digunakan adalah Perhitungan Index Walkability untuk menghitung tingkat walkability pada tiap segmen penelitian.Hasil dari penelitian ini menggambarkan ketiga segmen memiliki nilai index walkability rendah, yaitu berkisar antara 0-50 yang memiliki klasifikasi Walk at your own risk. Hal ini memiliki arti bahwa pada keseluruhan segmen perlu adanya perbaikan secara menyeluruh untuk meningkatkan kualitas jalur pejalan kaki berdasarkan kebijakan yang berlaku, sehingga dapat meningkatkan nilai tingkat walkability yang dapat mempengaruhi tingkat kepuasan pejalan kaki sebagai pengguna.

W Walkability is an illustration of the extent to which a pedestrian path can be said to be safe and comfortable and has an environmentally friendly and pedestrian-friendly impression on pedestrian path users. This is closely related to the experience and impression of the community on the quality of pedestrian paths. A city that is walkable has criteria for a high level of walking comfort, easy access to various urban facilities and has quality pedestrian-friendly paths. Corridor Jl. Captain Tendean, South Jakarta is included in the type of collector road that connects the Kuningan integrated commercial center with the SCBD integrated commercial center. This resulted in many pedestrians traveling with the aim of working. Even though there are many pedestrian path users in this corridor, the condition of the existing path is not in good condition so that the pedestrian path does not function optimally. Based on this, it is necessary to study how the level of walkability of pedestrian paths is based on pedestrian perceptions.In this study, using the Accidental Sampling data collection method with a total of 90 respondents as research objects divided into three segments. The analytical method used is the Walkability Index Calculation to calculate the level of walkability in each research segment.The results of this study illustrate that the three segments have a low walkability index value, which ranges from 0-50 which has a Walk at your own risk classification. This means that in all segments there is a need for overall improvement to improve the quality of pedestrian paths based on applicable policies, so as to increase the value of the walkability level which can affect the level of pedestrian satisfaction as a user.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?