Faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja perusahaan
K Kinerja perusahaan dipengaruhi oleh berbagai faktor. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris pengaruh kualitas laba, manajemen laba riil, dan asimetri informasi terhadap kinerja perusahaan sektor konsumen non-siklikal yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi data panel dengan teknik purposive sampling, dengan sampel terdiri dari 158 perusahaan yang menerbitkan laporan tahunan tahun 2021 dan 2022. Penelitian ini menyoroti tiga variabel utama yang sering dianggap memiliki dampak signifikan terhadap kinerja perusahaan yaitu kualitas laba, manajemen laba riil, dan asimetri informasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel manajemen laba riil memiliki pengaruh negatif yang signifikan terhadap kinerja keuangan perusahaan. Ini menunjukkan bahwa upaya manajemen untuk memanipulasi laba melalui aktivitas operasional dapat merugikan kinerja keuangan jangka panjang perusahaan. Sebaliknya, variabel kualitas laba dan asimetri informasi tidak menunjukkan pengaruhyang signifikan terhadap kinerja perusahaan. Temuan ini mengindikasikan bahwa kualitas laba yang diukur dalam penelitian ini belum cukup sensitif untuk menangkap variasi dalam kinerja perusahaan, atau bahwa asimetri informasi tidak seberpengaruh yang diharapkan dalam konteks sektor konsumen non-siklikal. Penelitian ini memberikan wawasan penting bagi para manajer, investor, dan pembuat kebijakan dalam pengambilan keputusan yang lebih baik dan terinformasi.
C Company performance is influenced by various factors. The study aims to empirically test the impact of profit quality, real profit management, and information asymmetry on the performance of non-cyclical consumer sector companies listed on the Indonesian Stock Exchange. (BEI). The analysis method used is panel data regression analysis with purposive sampling techniques, with samples consisting of 158 companies publishing annual reports for 2021 and 2022. The study highlights three major variables that are often thought to have a significant impact on the company\\\'s performance, namely the quality of profits, the management of real profits and information asymmetry. The results of the analysis show that the variable of real profit management has a significant negative influence on the financial performance of the company. It suggests that management\\\'s efforts to manipulate profits through operational activities can be detrimental to the long-term economic performance of a company. By contrast, the variables of earnings quality and the asymetric information do not show a significant effect on company performance. These findings indicate that the profit quality measured in this study is not sensitive enough to capture variations in company performance, or that information asymmetry is not as influential as expected in the context of non-cyclical consumer sectors. This research provides important insights for managers, investors, and policymakers in better and informed decision-making.