DETAIL KOLEKSI

Strategi Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Jakarta Kelapa Dua dalam menyelesaikan Pembiayaan bermasalah pada produk griya hasanah


Oleh : Hartanti

Info Katalog

Nomor Panggil : 2023_TA_KPS_028032001027

Penerbit : FEB - Usakti

Kota Terbit : Jakarta

Tahun Terbit : 2023

Pembimbing 1 : Soeharjoto

Subyek : Bank and banking;Finance (Islamic law)

Kata Kunci : problem financing, strategy, swot analysis

Status : Lengkap


File Repositori
No. Nama File Hal. Link
1. 2023_TA_KPS_028032001027_Halaman-Judul.pdf
2. 2023_TA_KPS_028032001027_Lembar-Pengesahan.pdf
3. 2023_TA_KPS_028032001027_Bab-1_Pendahuluan.pdf
4. 2023_TA_KPS_028032001027_Bab-2_Rerangka-Teoritis.pdf
5. 2023_TA_KPS_028032001027_Bab-3_Metodologi-Penelitian.pdf
6. 2023_TA_KPS_028032001027_Bab-4_Gambaran-Umum-Perusahaan.pdf
7. 2023_TA_KPS_028032001027_Bab-5_Simpulan-dan-Implikasi.pdf
8. 2023_TA_KPS_028032001027_Daftar-Pustaka.pdf
9. 2023_TA_KPS_028032001027_Lampiran.pdf

T Tujuan Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui penyebab terjadinya pembiayaan bermasalah di produk griya hasanah pada Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Jakarta Kelapa Dua, serta untuk mengetahui strategi yang dilakukan Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Jakarta Kelapa Dua untuk menyelesaikan pembiayaan bermasalah di produk griya hasanah dengan melakukan analisis SWOT atas startegi penyelesaian pembiayaan yang bermasalah tersebut. Metode yang digunakan ialah penelitian deskriptif kualitatif, dengan pengumpulan data secara langsung dilapangan sesuai dengan teknik pengumpulan data yang diambil oleh peneliti yaitu studi lapangan dan studi kepustakaan. Teknik yang digunakan untuk menganalisis startegi penyelesaian di produk griya hasanah pada Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Jakarta Kelapa Dua dengan menggunakan analisis SWOT. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penyebab terjadinya pembiayaan bermasalah di produk griya hasanah pada Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Jakarta Kelapa Dua terbagi menjadi dua yaitu faktor internal dan faktor eksternal, faktor internal berasal dari Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Jakarta Kelapa Dua, faktor eksternal berasal dari nasabah. Strategi yang dilakukan Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Jakarta Kelapa Dua untuk menyelesaikan pembiayaan bermasalah di produk griya hasanah yaitu dengan melakukan penagihan secara intensif ke nasabah, memberikan surat peringatan kepada nasabah, melakukan revitalisasi pembiayaan seperti penjadwalan, persyaratan, penataan kembali, melakukan eksekusi jaminan berupa lelang. Startegi penyelesaian menurut hasil analisis SWOT dengan memperluas wilayah kerja, memanfaatkan perkembangan dunia digital dan teknologi informasi lainnya, mengembangkan sumber daya manusia, melakukan evaluasi berkala, memperketat proses analisis pembiayaan dan menghindari perpanjangan kerja sama dengan nasabah yang memiliki riwayat pembiayaan buruk di Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Jakarta Kelapa Dua.

T The purpose of this study was conducted to find out the causes of problematic financing in griya hasanah products at Bank Syariah Indonesia Supporting Branch Office Jakarta Kelapa Dua, as well as to find out the strategy carried out by Bank Syariah Indonesia Supporting Branch Office Jakarta Kelapa Dua to resolve problematic financing in griya hasanah products by conducting a SWOT analysis of the problematic financing settlement strategy. The method used is descriptive qualitative research, with direct data collection in the field in accordance with the data collection techniques taken by researchers, namely field studies and literature studies. The technique used to analyze settlement strategies for griya hasanah products at Bank Syariah Indonesia Supporting Branch Office Jakarta Kelapa Dua uses SWOT analysis. The results of this study indicate that the causes of problem financing in the griya hasanah product at Bank Syariah Indonesia Supporting Branch Office Jakarta Kelapa Dua are divided into two, namely internal factors and external factors, internal factors come from Bank Syariah Indonesia Supporting Branch Office Jakarta Kelapa Dua, external factors come from customers. The strategy carried out by Bank Syariah Indonesia Supporting Branch Office Jakarta Kelapa Dua to resolve problematic financing in griya hasanah products is by conducting intensive billing to customers, giving warning letters to customers, revitalizing financing such as rescheduling, reconditioning, restructuring, execution of collateral in the form of an auction. Settlement strategies according to the results of the SWOT analysis by expanding the work area, utilizing developments in the digital world and other information technology, developing human resources, conducting periodic evaluations, tightening the process of financing analysis and avoiding extending cooperation with customers who have a history of bad financing at Bank Syariah Indonesia Supporting Branch Office Jakarta Kelapa Dua.

Bagaimana Anda menilai Koleksi ini ?