Pengaruh pengetahuan wajib pajak, kesadaran wajib pajak, dan kualitas pelayanan terhadap kepatuhan wajib pajak driver ojek online dalam melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor roda dua di kota jakarta timur
P Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pengetahuan wajib pajak,kesadaran wajib pajak, dan kualitas pelayanan terhadap kepatuhan wajib pajak driverojek online dalam melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor di Kota JakartaTimur. Variabel independen pada penelitian ini adalah pengetahuan wajib pajak,kesadaran wajib pajak dan kualitas pelayanan, sedangkan variabel dependen padapenelitian ini adalah kepatuhan wajib pajak. Pengumpulan data pada penelitian inimenggunakan data primer dan data sekunder, pengambilan sampel menggunakanpurposive sampling dengan cara field research (penelitian lapangan) denganmenyebarkan kuesioner secara langsung berupa google form melalui scan barcodekuesioner dan melalui whatsapp serta melakukan wawancara kepada 100 respondenyang berprofesi sebagai pengendara ojek online di Kota Jakarta Timur dikarenakansebagai kota dengan jumlah kendaraan bermotor paling banyak di Provinsi DKI Jakartapada tahun 2022. Selanjutnya data yang telah dikumpulkan dan dianalisis menggunakanpendekatan kuantitatif dengan model Structural Equation Modeling (SEM). Hasil ujihipotesis pada penelitian ini menunjukkan bahwa variabel independen pengetahuanwajib pajak dan kesadaran wajib pajak tidak berpengaruh signifikan terhadap variabeldependen kepatuhan wajib pajak, sedangkan variabel independen kualitas pelayananberpengaruh positif signifikan terhadap variabel dependen yakni kepatuhan wajib pajak.
T This study aims to analyze the influence of taxpayer knowledge, taxpayerawareness, and service quality on the compliance of online motorcycle taxi drivers inmaking motor vehicle tax payments in East Jakarta City. The independent variables inthis study are taxpayer knowledge, taxpayer awareness and service quality, while thedependent variables in this study are taxpayer compliance. Data collection in this studyuses primary data and secondary data, sampling using purposive sampling by means offield research by distributing questionnaires directly in the form of Google Formsthrough questionnaire barcode scans and via WhatsApp and conducting interviews with100 respondents who work as online motorcycle taxi drivers in East Jakarta Citybecause it is the city with the highest number of motorized vehicles in DKI JakartaProvince in 2022. Furthermore, the data that has been collected and analyzed uses aquantitative approach with the Structural Equation Modeling (SEM) model. The resultsof the hypothesis test in this study show that the independent variables of taxpayerknowledge and taxpayer awareness do not have a significant effect on the dependentvariable of taxpayer compliance, while the independent variable of service quality hasa significant positive effect on the dependent variable, namely taxpayer compliance.